logo

Tambah 18 Kasus, Jumlah Positif Covid-19 Di Solo Melonjak Tajam

Tambah 18 Kasus, Jumlah Positif Covid-19 Di Solo Melonjak Tajam

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih
12 Juli 2020 20:11 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Solo, Jawa Tengah, bertambah 18 kasus pada Minggu (12/7/2020). Dari tambahan tersebut sebanyak 15 diantaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes) di RS Moewardi Solo yang merupakan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Sebelas Maret (UNS).

Sedangkan tiga lainnya merupakan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang menjadi positif Covid-19. Sehingga total jumlah positif Covid-19 di Kota Solo hingga saat ini mencapai 63 orang, 22 diantaranya masih dirawat di rumah sakit dan kasus meninggal empat orang dan 37 lainnya sembuh.

Tambahan 18 kasus positif Covid-19 tersebut terbanyak selama Kota Solo ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19.

"Terbanyak dari Kelurahan Jebres yakni 10 orang karena para mahasiswa itu banyak yang kost di sana. Kami terus melakukan tracing, dengan siapa mereka berinteraksi," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih.

Sedangkan tiga pasien PDP yang menjadi positif Covid merupakan kasus baru tidak terkait dengan kasus positif sebelumnya. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani juga mengatakan pihaknya tidak menyangka dengan jumlah tambahan kasus posiif yang melonjak tajam.

"Tracing akan terus dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19. Solo sudah zona hitam ini," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 25 nakes di RSUD Dr Moewardi Solo yang juga mahasiswa PPDS UNS diketahui positif Covid-19. Puluhan nakes itu menjalani tes swab setelah salah satu dari nakes PPDS UNS positif Covid-19. Saat ini mereka menjalani perawatan di RS UNS Solo. Dari 25 nakes itu, 15 diantaranya tinggal di Kota Solo. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto