logo

Dihancurkan Sheffield United, Chelsea Terancam Terlempar Ke Posisi 5 Klasemen

Dihancurkan Sheffield United, Chelsea Terancam Terlempar Ke Posisi 5 Klasemen

Foto: Istimewa.
12 Juli 2020 04:28 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Dalam upayanya mengamankan posisi ketiga klasemen untuk tetap berada di zona Liga Champions musim depan, Chelsea justru terperosok. Tim biru dihancurkan tuan rumah Sheffield United 0 – 3 pada laga pekan ke-35 yang berlangsung di Stadion Bramall Lane, Sabtu waktu setempat atau Minggu (12/7/2020) WIB.

Meski masih berada di peringkat tiga klasemen sementara Liga Premier Inggris, namun Chelsea terancam terlepar keurutan lima bila dua pesaingnya, Leicestar City dan Manchester United yang baru akan memainkan partai ke-35 hari ini atau Senin dini hari WIB.

Chelsea kini mengoleksi 60 poin, berjarak satu poin dengan Leicester (59) dan dua poin dengan Manchester United (58). Bila kedua pesaingnya menang, maka Cheslea harus rela turun ke peringkat lima.

Pada laga tadi pagi, dua gol Sheffield diciptakan David McGoldrick yang mengemas dua gol, dan satu gol lainnya diciptakan Oliver McBurnie.
Kedua tim memulai pertandingan dengan baik dan Chelsea hampir unggul pada menit kedelapan ketika ia menyambut umpan silang Reece James, tetapi sundulannya masih melambung di atas mistar gawang.
Tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-18 ketika McGoldrick menyambar bola muntah hasil tembakan McBurnie yang tak dihentikan sempurna oleh kiper Kepa Arrizabalaga. Itu menjadi gol perdana McGoldrick di Liga Premier setelah 26 pertandingan.

Sheffield memilih bermain sabar di areanya sendiri sembari meredam upaya Chelsea bangkit dan pada menit ke-33 tuan rumah sukses menggandakan keunggulan mereka ketika umpan silang Enda Stevens berhasil disambut tandukan tajam McBurnie yang tak bisa diantisipasi sedikitpun oleh Kepa.

Keunggulan itu berhasil dipertahankan Sheffield hingga babak pertama berakhir dan Chelsea terus mengendalikan lebih banyak penguasaan bola ketika memasuki babak kedua, tetapi tak kunjung mampu menciptakan serangan yang mematikan.

Tammy Abraham hampir memperkecil ketertinggalan Chelsea pada menit ke-75 ketika ia menyambut umpan sepak pojok Ross Barkley dengan tembakan sudut sempit yang masih melambung di atas gawang.
Ironisnya, dua menit kemudian Sheffield justru berhasil menambah keunggulan mereka mengkonversi situasi serangan balik. Lys Mousset melepaskan umpan tarik yang berusaha dihalau Antonio Ruediger, tapi bola hanya berakhir di hadapan McGoldrick yang menyambutnya dengan sepakan kencang untuk menjebol gawang tim tamu lagi.

Tim besutan Chris Wilder itu selanjutnya tampil begitu disiplin merapatkan pertahanan mereka demi menjaga keunggulan 3-0 atas Chelsea hingga peluit tanda laga usai berbunyi. ***