logo

Stadion UNS Jadi Alternatif Lapangan Pendamping Piala Dunia U-20

Stadion UNS Jadi Alternatif Lapangan Pendamping Piala Dunia U-20

Pertandingan trofeo antara UNS, Pemkot Surakarta, dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Solo, di Stadion UNS Solo
10 Juli 2020 22:12 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, menjadi alternatif lapangan pendamping untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021. Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho mengatakan kesiapan Stadion UNS untuk digunakan sebagai salah satu venue perhelatan Piala Dunia U-21 pada 2021.

"Stadion UNS sudah memiliki kualitas rumput dan fasilitas berstandar internasional. Kami senang jika Stadion UNS untuk venue pendukung, Pak Wali Kota juga mengatakan sarana dan prasarana secara normatif memenuhi persyaratan," jelas Jamal Wiwoho seusai mengikuti pertandingan trofeo antara UNS, Pemkot Surakarta, dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Solo, di Stadion UNS, Jumat (10/7/2020).

Menurut Jamal, kondisi Stadion UNS memiliki kualitas rumput yang baik, lapangan juga sudah bagus dengan ukuran lapangan sesuai standar. Tribun penonton cukup baik, bahkan juga dilengkapi ruang ganti pemain.

"Kalau perlu ada pembenahan seperti lampu akan kami penuhi. Soal anggaran, UNS sudah ada untuk anggaran sarana prasarana tapi kalau dari Pemkot Solo atau dari panitia piala dunia membantu ya lebih baik," ujarnya.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo pada kesempatan yang sama mengatakan pihaknya akan mengusulkan Stadion UNS menjadi lapangan pendamping ke PSSI.

"Kualitas lapangan milik Stadion UNS sangat bagus. Nanti akan saya tunjukkan ke panitia Piala Dunia kalau Stadion UNS layak untuk menjadi lapangan pendamping untuk latihan," kata Rudy.

Menurut Rudy, Stadion UNS sangat layak untuk lapangan pendamping, hanya membutuhkan pembenahan sedikit seperti ruang ganti dan lampu. Sedangkan lima lapangan pendamping yang sudah disiapkan Pemkot Solo membutuhkan pembenahan yang lebih besar.

Stadion Manahan Solo menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Untuk keperluan itu, Pemkot Solo harus menyediakan lima lapangan pendamping yang nantinya digunakan untuk latihan. Kelima lapangan yang telah disiapkan adalah Lapangan Kotabarat, Stasion Sriwedari, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Sriwaru dan Lapangan Karangasem. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH