logo

Gasak Aston Villa 3 - 0, MU Merapat Ke Zona Champions

Gasak Aston Villa 3 - 0, MU Merapat Ke Zona Champions

Foto: Istimewa.
10 Juli 2020 05:12 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pelan tapi pasti, Manchester United (MU) kian merapat ke posisi empat besar klasemen Liga Inggris untuk mendapatkan satu tempat di zona champions Eropa musim depan. Menyisakan empat partai hingga akhir musim, kini MU terpaut satu poin dengan Leicester yang berada di peringkat 4 setelah menundukkan Aston Villa 3 – 0.

Dalam partai tandang pada laga ke-34 di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis waktu setempat atau Jumat (10/7/2020) dini hari WIB, gol-gol MU diciptakan oleh Bruno Fernandes, Mason Greenwood dan Paul Pogba. Dengan tambahan tiga poin, kini MU mengoleksi 58 poin sementara Leicester berada satu tingkat di atasnya dengan 59 poin.

Sementara bagi Villa kekalahan ini membuat posisinya tertahan di peringkat 19 dan terancam terdegradasi ke stata kedua Liga Inggris musim depan. Bahkan posisinya di klasemen digeser ke peringkat 19 oleh Bournemouth yang bermain imbang dengan Tottenham Hotspur. Bournemouth naik ke peringkat 18.

Kendati MU menguasai bola, Villa lebih dulu menciptakan peluang ketika Ezri Konsa mengirim umpan silang yang disambut baik oleh Jack Grealish, tetapi tembakan volinya masih melambung di atas mistar gawang.

Villa kembali mengancam lewat aksi Trezeguet memperdaya Pogba sebelum melepaskan tembakan melengkung yang sayangnya masih membentur tiang gawang pada menit ke-25.

Ironisnya semenit kemudian, tim ramu justru memperoleh hadiah tendangan bebas dari wasit Jonathan Moss setelah Fernandes dijatuhkan oleh Konsa. Keputusan itu cukup kontroversial lantaran tayangan ulang memperlihatkan Fernandes lebih dulu menginjak kaki Konsa, tetapi bahkan VAR tidak mengintervensi keputusan Moss tersebut.

Fernandes memanfaatkan kesempatan itu dengan tembakan yang memperdaya kiper Pepe Reina untuk membuka keunggulan MU.

Gol itu mengubah jalannya pertandingan dan MU lebih percaya diri tetapi Reina melakukan dua penyelamatan untuk menggagalkan peluang Anthony Martial dan Greenwood.

Pada menit ke-38, Rashford menjatuhkan diri di kotak penalti setelah dihadang oleh Douglas Luiz, tetapi kali ini Moss tak memberikan hadiah tendangan 12 pas cuma-cuma seperti sebelumnya.
MU akhirnya memperoleh gol kedua mereka pada menit kelima injury time lewat aksi Greenwood melepaskan tembakan keras menyelesaikan kerja samanya dengan Fernandes demi menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas tuan rumah.

Babak kedua berlangsung cukup timpang sebab Villa hanya bisa menunggu celah untuk melancarkan serangan balik di bawah gelombang serangan bertubi-tubi yang dilakukan MU.

Pada menit ke-57 Rashford berhasil menaklukkan Reina lewat tembakannya yang sempat mengenai Pogba, yang sayangnya berada dalam posisi offside sehingga gol itu dianulir.

Akan tetapi semenit kemudian Pogba jauh dari posisi offside ketika ia melepaskan tembakan menyambut sepak pojok Fernandes untuk memperbesar keunggulan MU jadi 3-0 atas Villa. MU hampir menambah lagi keunggulan mereka pada menit ke-61, tetapi bola tembakan Martial membentur mistar gawang.

Skor 3-0 bertahan hingga bubaran dan MU kini hanya satu poin dari mimpi besar mereka musim ini, menembus empat besar klasemen. ***