logo

Konsumsi LPG Di Solo Raya Masih Stabil

Konsumsi LPG Di Solo Raya Masih Stabil

Konsumsi LPG di wilayah Solo Raya masih stabil
09 Juli 2020 23:10 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Konsumsi LPG di wilayah Solo Raya saat ini masih normal dan stabil. PT Pertamina Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mencatat penyaluran LPG sebanyak 750 metric ton (MT) per hari.

“Konsumsi LPG baik sebelum maupun selama wabah Covid-19 tercatat berada di antra 730-750 MT per hari, artinya tidak ada kenaikan maupun penurunan yang signifikan," jelas Pjs. General Manager Pertamina Marketing Operation Region IV, Rahman Pramono Wibowo, Kamis (9/7/2020).

Pihaknya juga menjamin ketersediaan LPG sehingga masyarakat diharapkan tidak khawatir. Sedangkan untuk konsumsi BBM jenis gasoline dam gasoil saat new normal mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. Untuk gasoline meningkat 20 persen sedangkan gasoil meningkat 44 persen.

Peningkatan dua jenis BBM tersebut tidak diikuti dengan peningkatan BBM untuk pesawat udara yakni Avtur. Menurut Pramono, konsumsi Avtur masih dibawah rata-rata.

"Masih berada di bawah rata-rata normal terutama di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo," katanya.

Berdasarkan catatan PT Pertamina MOR IV, pada bulan Juli 2020, penyaluran Avtur di Bandara Adi Soemarmo, Solo rata-rata sebesar 28 KL per hari. Angka tersebut masih 36 persen di bawah konsumsi harian pada masa normal sebelum pandemi di bulan Januari hingga Februari 2020 yakni sebesar 44 KL per hari.

"Namun, angka ini memang sudah naik dibandingkan bulan April dan Mei 2020 lalu yang berkisar hanya 5-10 KL per hari," katanya lagi.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina berupaya untuk terus memastikan pasokan energi berupa BBM, LPG, dan produk turunannya kepada masyarakat dan pelanggan setia. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH