logo

Tujuh Instruksi Presiden Untuk Polri Di Hari Bhayangkara Ke-74

Tujuh Instruksi Presiden Untuk Polri Di Hari Bhayangkara Ke-74

Presiden Joko Widodo (istimewa)
01 Juli 2020 10:14 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Presiden RI Joko Widodo memberikan tujuh instruksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas Polri pada peringatan ke-74 Hari Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

"Saya menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri," ujar Presiden dalam amanatnya saat memimpin Upacara Peringatan ke-74 Hari Bhayangkara secara virtual dari Istana Negara, Jakarta. Peringatan dilaksanakan secara virtual dan disiarkan melalui media sosial.

Presiden menginstruksikan pertama, agar Polri terus memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, serta menjaga kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

Kedua, terus melakukan reformasi diri secara total, membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel serta membangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya.

Ketiga, terus memantabkan soliditas internal, memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen Pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Keempat, terus menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi ditengah masyarakat.

Kelima, terus meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, melakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

Keenam, terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

Ketujuh, harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

 Presiden  mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74 kepada keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia dimanapun bertugas.

“Atas nama rakyat, bangsa dan negara saya mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-74 kepada keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia di manapun saudara-saudara bertugas,” kata Presiden Joko Widodo dalam acara Peringatan Ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2020 dari Istana Negara Jakarta, sebagaimana dikutip di Antara.

Presiden juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh anggota Polri yang telah memberikan pengorbanan dan sumbangsih terbaiknya.

Menurut Presiden, anggota Polri telah berkontribusi besar dalam menjaga keamanan, ketertiban, menegakkan hukum, hingga memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan, dan sumbangsih saudara-saudara sekalian dalam rangka menjaga keamanan, menjaga ketertiban dalam menegakkan hukum, dan memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Presiden juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan para prajurit yang gugur saat bertugas.

“Agar diberikan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan kepada seluruh personel Polri dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan,” kata Presiden.

Pada kesempatan yang sama Presiden menegaskan bahwa Polri harus bersama rakyat untuk berjuang, berikhtiar, dan bekerja keras dalam mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

“Dalam situasi yang sulit ini kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan mulai dari jajaran mabes, polda, polres, dan polsek, babinkantibmas di desa-desa harus ikut terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial, dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap aman kondusif dan damai,” katanya

Editor : Laksito Adi Darmono