logo

MU Merapat Ke Posisi Empat Besar Usai Tundukkan Brighton

MU Merapat Ke Posisi Empat Besar Usai Tundukkan Brighton

Foto: Istimewa.
01 Juli 2020 05:22 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Manchester United secara perlahan tapi pasti terus merangsek mendekati empat besar klasemen sementara Liga Inggris. Pada laga pekan ke-32 menghadapi Brighton & Hove Albion di Stadion Amex, Selasa waktu setempat atau Rabu (1/7/2020)  WIB, MU mengalahkan tuan rumah 3 – 0.

Pada pertandingan tersebut Bruno Fernandes mengemas dua gol. Satu gol lainnya dicetak Mason Greenwood.

Kemenangan ini membuat MU yang berada pada posisi kelima kini mengoleksi 52 poin atau hanya tertinggal dua poin di belakang Chelsea (54) yang baru main Kamis dini hari esok. Sedangkan Brighton (33) tertahan pada urutan ke-15 atau aman enam poin di atas zona degradasi.

Fernandes hampir membawa MU memimpin pada menit ke-12 ketika ia menerima umpan sodoran dari Paul Pogba. Namun tembakan gelandang Portugal itu membentur tiang gawang.

Empat menit kemudian, MU betul-betul membuka keunggulan saat Greenwood melakukan tusukan ke jantung pertahanan tuan rumah setelah menerima umpan dari Aaron Wan-Bissaka sebelum melepaskan tembakan keras ke pojok kanan bawah gawang.

Kapten MU Harry Maguire berpeluang mencetak gol kedua timnya pada menit ke-23 dari sepak pojok, tapi sundulannya yang meneruskan Fernandes melenceng dari tiang jauh.

Enam menit berselang, Fernandes mencetak gol pertamanya dalam laga ini dengan tembakan dari tepian kotak penalti yang melengkung tak terjangkau kiper Mathew Ryan. Wasit dan VAR sempat meninjau prosesnya sebelum mengesahkan gol yang membawa MU unggul 2-0 atas Brighton itu.

Brighton baru mengancam semenit jelang istirahat lewat umpan silang tajam Davy Proepper, tetapi bola masih terlalu cepat untuk dijangkau Daniel Burn dan tuan rumah harus turun minum dalam keadaan tertinggal 0-2 dari MU.

Babak kedua baru berjalan lima menit ketika MU memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat tendangan voli Fernandes menyambut umpan silang Greenwood yang tak memberi kesempatan Ryan bereaksi.

Tuan rumah tak patah semangat kendati tertinggal tiga gol, tetapi peluang bagus mereka pada menit ke-69 lewat tembakan melengkung Aaron Connolly digagalkan oleh kiper David de Gea yang melakukan penyelamatan gemilang. Tujuh menit kemudian De Gea kembali unjuk kemampuan untuk menghalau tembakan Leandro Trossard. ***