logo

Manado Masih Zona Merah Kasus Positif Covid Tertinggi Di Sulut

Manado Masih Zona Merah Kasus Positif Covid Tertinggi Di Sulut

Ilustrasi Covid-19/Foto: Antara
29 Juni 2020 22:12 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - MANADO: Juru Bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Manado, drg. Sanil Marentek, mengatakan, daerah ini masih merupakan zona merah dengan jumlah kasus positif tertinggi di Sulawesi Utara.

"Berdasarkan data yang masuk, Senin sore, Manado ketambahan 23 kasus positif, sehingga total mencapai 682 kasus, dengan wilayah terbanyak Kecamatan Wanea dan yang masih bersih Pulau Bunaken," katadrg Sanil di Manado, Senin (29/6/2020) seperti diwartakan Antara

Dia merinci, dari data tersebut, ada 547 orang yang dirawat, sembuh sebanyak 78 orang dan meninggal 57, dengan jumlah ODP 34 orang dan PDP 86 orang.

Dia mengatakan, memang jika dari jumlah tersebut, kasus positif COVID-19 di Manado, tersebar di 10 kecamatan, yakni Malalayang, Sario, Wanea, Wenang, Tikala, Paal Dua, Mapanget, Singkil, Tuminting, dan Bunaken.

Sedangkan Kecamatan Bunaken Kepulauan, kata Sanil Marentek sampai Senin, belum ada satunya kasus positif yang terkonfirmasi, sehingga bisa dikatakan wilayah tersebut adalah area yang paling aman.

Di sisi lain, dia mengatakan, berdasarkan data yang ada, di Manado jumlah kasus positif masih terus bertambah, maka masyarakat diminta untuk terus meningkatkan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

"Jadikan pemakaian masker dan mencuci tangan sebagai gaya hidup, jangan sampai gengsi kemudian malah mencelakakan diri dan orang lain, terutama yang kita sayangi," katanya. 

Sementara berdasarkan data yang ada, positif kasus di Malalayang sebanyak 63 kasus, Sario 33, Wenang 93, Mapanget 36, Singkil 62, Tiklala 40, Tuminting 73, Bunaken 12, Paal Dua 66 dan Wanea terbanyak 204. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH