logo

Kasus John Kei, 39 Tersangka Ditahan 8 DPO

Kasus John Kei, 39 Tersangka Ditahan 8 DPO

PMJ kembali merilis kasus penyerangan rumah Nus Kei di Perumahan Green Lake, Cipondoh, Tangerang, oleh kelompok John Kei. SK.id/Sadono)
29 Juni 2020 16:27 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Total tersangka yang terlibat dalam kasus tindak kekerasan John Kei sebanyak 47 orang. Dari jumlah itu, polisi menahan 39 orang  dan 8 orang masih buron (DPO). 

Demikian dikatakan Kabid Humas PMJ Kombes Yusri Yunus dan Wakil Direktur Resrkrimum   AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, dalam keterangan kepada wartawan di Mapolda, Senin (29/6/2020).

Sebagaimana diketahui,  kelompok John Kei terlibat penyerangan, pemufakatan jahat,  dan rencana pembunuhan terhadap Nus Kei, yang masih paman John Kei. John Kei merasa dikhianati Nus, terkait pembebasan tanah untuk RSUD di Ambon.

Karena merasa sakit hati kelompok John Kei  menyerang kelompok Nus Kei di Perumahan Green Lake City, Tangerang; dan Cengkareng pada 21 Juni 2020. Sebelum penyerangan, dilakukan permufakatan jahat di Kelapa Gading, Perumahan Tytyan Indah Bekasi (rumah John Kei) dan Arcici di Cempaka Putih.

Saat penyerangan di Perumahan Green Lake City menyebabkan satu orang petugas sekuriti perumahan mengalami luka karena ditabrak anak buah John Kei dan satu pengendara ojek online tertembak di bagian kaki. Pasalnya, anak buah John Kei  melepaskan tujuh kali tembakan di lokasi itu. 

Polisi juga berhasil mengidentifikasi 2 senpi yang digunakan untuk menembak di Green Lake, dan mengenai salah satu sekuriti perumahan, serta pengemudi mobil  yang menabrak pintu gerbang Green Lake.

Sementara itu, penyerangan di Cengkareng menyebabkan satu anak buah Nus Kei berinisial ER tewas dan satu orang lainnya berinisial AR terluka.

Lebih lanjut Calvin menjelaskan,  jumlah 47 orang yang terlibat itu didapatkan dari pemeriksaan saksi-saksi dan para tersangka yang telah ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Para tersangka Sudan melakukan rekonstruksi  terkait dengan kegiatan perencanaan pembunuhan dan pemufakatan jahat di dua TKP (tempat kejadian perkara); Kosambi dan perumahan klaster (Green Lake City, Kota Tangerang)

Editor : Dwi Putro Agus Asianto