logo

Badai Petir Tunda Peluncuran SpaceX dan Nasa Ke Ruang Angkasa

Badai Petir Tunda Peluncuran SpaceX dan Nasa Ke Ruang Angkasa

29 Mei 2020 00:54 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - FLORIDA: Peluncuran pesawat ruang angkasa SpaceX milik Elon Musk Crew Dragon, atau Kru Naga, dengan membawa astronaut untuk pertama kalinya ditunda karena cuaca buruk. Rencananya peluncuran dilakukan  Rabu pukul 16:33 waktu setempat (03.33 WIB).

Roket SpaceX Falcon 9 sebelumnya dijadwalkan lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida pada hari Rabu, tetapi tujuh belas menit sebelum peluncuran, badai petir memaksa misi itu ditunda. Peluncuran kemungkinan akan dilakukan Sabtu mendatang (30/5/2020) pukul 15:22 waktu setempat.

Dua astronaut NASA Bob Behnken dan Doug Hurley sebelumnya telah bersiap di kapsul Kru Naga. Mereka menghabiskan dua minggu dalam isolasi untuk menghindari infeksi virus corona.

Presiden Trump telah melakukan perjalanan ke Florida untuk mengamati peluncuran.

Inilah misi pertama badan ruang angkasa Amerika Serikat, Nasa dan perusahaan swasta dan membuka era perjalanan udara komersial. 

SpaceX adalah sebuah perusahaan asal AS yang menyediakan layanan peluncuran pesawat luar angkasa menggunakan roket Falcon 9 dan Falcon Heavy miliknya, baik untuk tujuan komersil atau membantu pemerintah.

Elon Musk mendirikan perusahaan itu pada 2002, dengan tujuan mengurangi biaya transportasi luar angkasa dan membuka jalan bagi kolonisasi Planet Mars.

Pesawat luar angkasa yang dirancang untuk membawa astronot harus melalui sebuah proses untuk memastikan keamanan operasinya. Peluncuran ini pada dasarnya tahap akhir dalam proses validasi tersebut. Begitu mengorbit, Behnken dan Hurley akan menguji sistem kendali lingkungan, layar-layar, kendali, dan pendorong manuver Kru Naga.

Mereka akan memonitor sistem pengaitan otonom saat mendekati stasiun luar angkasa, di mana mereka akan menjadi anggota kru ISS.

Di pos orbit, mereka akan lanjut menguji Kru Naga dan melakukan tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan ISS. Saat sudah waktunya pulang ke Bumi, Kru Naga akan turun dengan parasut ke Samudera Atlantik. Kapsul dan kru kemudian akan dijemput kapal bernama Go Navigator.

SpaceX adalah perusahaan swasta pertama yang secara rutin mengembalikan roket ke Bumi, dengan memanfaatkan kekuatan propulsif, sehingga roket bisa dipakai ulang ketimbang dibuang di angkasa.

Perusahaan telah meluncurkan pesawat kargo ke ISS secara reguler, dan sekarang, ia ingin membawa astronot ke ISS. SpaceX juga tengah mengembangkan pesawat luar angkasa yang berukuran lebih besar bernama Starship untuk membawa penumpang, proses awal sebelum membawa manusia tinggal di Mars. ***