logo

Liga 1 2020, PSIS Usul Kompetisi Diganti Home Turnamen

 Liga 1 2020, PSIS Usul Kompetisi Diganti Home Turnamen

GM PSIS Wahyoe Winarto. (Foto: Istimewa)
28 Mei 2020 15:47 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Pihak manajemen PSIS Semarang mengusulkan, kompetisi Liga 1 2020 hendaknya diberhentikan total. Sebagai gantinya, digantikan kompetisi dengan format home turnamen.

Hal itu disampaikan General Manager (GM) PSIS Semarang, Wahyoe Winarto, dalam rapat PSSI yang digelar secara virtual. Pada rapat tersebut, PSSI meminta masukan dari 18 klub Liga 1 terkait pendapat mereka seputar kelanjutan kompetisi.

Manajemen PSIS Semarang pun, kemudian usul agar kompetisi dihentikan dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Serta diganti dengan home tournament apabila situasinya sudah memungkinkan.

Pertimbangan lain, tentunya faktor seperti kesehatan stakeholder sepak bola, sarana transportasi, awr5ta kondisi di kota dan kabupaten yang berbeda-beda.

“Kami mengusulkan Liga 1 2020 dihentikan. Banyak faktor yang mendasari. Pertama soal kesehatan pemain, siapa yang mau menjamin soal kesehatan pemain dan pelatih. Kalau nanti dipaksa lanjut, di tengah jalan ada komponen tim yang kena Covid-19, itu jadi PR lagi, nanti jadi masalah lagi,” tutur Liluk, sapaan akrabnya, Kamis (28/5/2020)..

Bukan hanya soal kesehatan, sarana tranportasi juga jadi kendala jika kompetisi Liga 1 2020 dipaksa berlanjut. Saat ini, hampir semua penerbangan dibatasi. Padahal Indonesia ini besar dan klub-klub tersebar dari Aceh hingga Jayapura.

Kalau klub-klub sulit mendapat penerbangan lantas bagaimana? Kondisi di setiap kabupaten dan kota yang berbeda-beda itulah, yang mendorong manajemen PSIS tidak yakin kompetisi bisa berjalan lancar jika dipaksakan.

Seperti di Semarang, banyak jalan masih ditutup, pedagang kaki lima belum boleh berjualan. Kondisi seperti ini tidak memungkinkan untuk menggelar kompetisi lagi.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto