logo

Pandemi Covid-19, Puluhan Mahasiswa Internasional Di UNS Memilih Tetap Tinggal Di Indonesia

Pandemi Covid-19, Puluhan Mahasiswa Internasional Di UNS Memilih Tetap Tinggal Di Indonesia

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo
27 Mei 2020 18:09 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Sebanyak 70 mahasiswa internasional di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, memilih untuk tidak kembali ke negara mereka di tengah pandemi Covid-19. Dari 100 mahasiswa internasional di UNS yang berasal dari 24 negara itu  sebagian sudah kembali ke negara asalnya dan sebagian lagi memilih untuk tetap berada di Indonesia, khususnya Solo dan tetap menjalani kuliah daring.

"Selama masa pandemi Covid-19, UNS menerapkan sistem pembelajaran daring," ujar Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, Rabu (27/5/2020).

Terkait mahasiswa internasional yang tidak bisa kembali ke negaranya, UNS tetap memberikan perhatian. Melalui UPT Layanan Internasional (International Office/IO), memberikan bantuan sejumlah 70 paket bahan makanan dan kesehatan untuk mahasiswa internasional yang berada di Solo.

Paket bantuan tersebut berupa bahan logistik untuk kebutuhan sehari-hari seperti, roti, susu, dan mi instan, serta kebutuhan lain yang berguna untuk melindungi dari penyebaran Covid-19 seperti masker dan sabun. Hal ini merupakan bentuk perhatian UNS, khususnya IO terhadap mahasiswa internasional.

Menurut salah satu mahasiswa internasional UNS asal Myanmar yang sedang menempuh studi S-2 di Fakultas Kedokteran, Yuzana Maung, dirinya merasa sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan IO.

"Respons IO UNS kepada mahasiswa internasional sangat baik. Dengan memberikan paket bantuan, informasi tentang imigrasi, dan perubahan pelaksanaan perkuliahan," ujar Yuzana.

Ia juga merasa terlindungi dengan adanya perhatian UPT Layanan Internasional UNS. Selain kebutuhan makan, kesehatan mahasiswa internasional juga diperhatikan.

"Jika mahasiswa internasional yang sakit, kami bisa memberitahukan ke pihak IO UNS untuk dirawat di Rumah Sakit UNS. Saya pribadi sangat mengapresiasi respons dari IO UNS yang sangat memuaskan dan berharap akan terus meningkatkan kepedulian terhadap mahasiswa internasional," jelasnya.

Selain paket bantuan logistik, UNS juga memberikan bantuan kepada seluruh mahasiswa dalam bentuk pulsa. Tidak hanya itu, berbagai kegiatan juga dilakukan UNS dalam rangka kepedulian terhadap pandemi Covid-19 baik ditujukan bagi mahasiswa, tenaga kesehatan, maupun masyarakat terdampak. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto