logo

Ketum Korpri Ajak ASN Sumbangkan Penghasilan Untuk Perangi Corona

Ketum Korpri Ajak ASN Sumbangkan Penghasilan Untuk Perangi Corona

Ketum Korpri Pusat, Prof Zudan Arif Fakrulloh menerima penghargaan MURI
30 Maret 2020 07:21 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ketua Umum Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Pusat, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berjumlah 4,2 Juta untuk bersatu padu mengkampanyekan perang melawan Covid-19 dengan mensosialisasikan terus menerus mematuhi dan melaksanakan protokol pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Maklumat Ketum Korpri kepada jajaran ASN seluruh negeri perlu disampaikan secara terbuka karena mencermati dan merespon dinamika dan perkembangan situasi Pandemic Covid-19 di Indonesia yang memerlukan peran ASN secara optimal dan sebagai bagian turut serta melawan Covid-19 serta membantu masyarakat luas.

"Mari kita semua 4,2 Juta ASN terus khusuk berdoa dan berikhtiar untuk melindungi diri kita, keluarga, orang-orang yang kita cintai dan warga masyarakat dari bahaya virus Corona dan agar Covid-19 segera berlalu dari muka bumi ini," ujar Zudan Arif Fakrulloh kepada Suarakarya.id, Minggu (29/3/2020).

Selain itu, Zudan juga mengajak seluruh ASN untuk menyumbangkan secara gotong-royong menyisihkan penghasilannya untuk membantu dalam penanganan musibah ini dimulai dari sekarang sampai dengan berakhirnya Pandemic Corona ini.

"Bila 4,2 Juta ASN menyumbangkan masing-masing Rp 50 ribu/bln saja, maka akan terkumpul Rp 210 Milyar/bln. Kemudian jika 4,2 Juta ASN masing-masing menyumbangkan Rp 100 Ribu/bln, maka akan bisa terkumpul uang sebanyak 420 Milyar/bln. Dan bila total 4,2 Juta ASN, masing-masing berdonasi sebesar Rp 200 Ribu/bln, maka Insya Allah akan tergalang Rp 840 Milyar/bln,"ungkap Dirjen Dukcapil Kemendagri ini.

Lebih lanjut, Zudan mengatakan pada prinsipnya berapa pun besarnya sumbangan, sepanjang diniatkan untuk membantu sesama, maka manfaatnya akan sangat berguna dalam membantu bangsa dan negara kita tercinta ini.

"Saya meyakini, dengan kemurahan hati rekan dan saudara-saudara ASN di seluruh nusantara, akan terakumulasi dana yang jauh lebih besar dari jumlah itu. Rekan Pengurus Korpri dan ASN semua, saat inilah kita terpanggil untuk bisa berkontribusi positif bagi Ibu Pertiwi. Ibu Pertiwi menanti langkah konkretmu,"tegas Prof Zudan.

Dia menyebut Pengurus Korpri pada masing-masing tingkatan dapat mengambil inisiatif untuk mengumpulkan dan menyalurkan kontribusi ini sesuai kebutuhan di lapangan.

Namun demikian, biar cepat sampai ke tujuan, rekan rekan, kata Zudan, bisa juga langsung secara pribadi menyumbangkan kepada tetangga yang menbutuhkan, kepada abang becak di depan komplek perumahan, kepada tukang ojek di pangkalan, kepada ibu dan bapak manula di RT atau kepada siapa pun yang pantas untuk menerima solidaritas para ASN ini.

Selain sumbangan dana tersebut, dapat juga dalam bentuk sumbangan lain yang termasuk dibutuhkan oleh masyarakat seperti makanan, alat alat pelindung diri, masker, sabun, hand sanitizer, dan lainnya.

"Saudaraku para ASN tercinta, apapun itu kontribusi rekan-rekan semua akan menjadikan Ibu Pertiwi tersenyum dan menjadi pintu terbukanya ridho dan rahmat Allah SWT kepada seluruh bangsa Indonesia. Semoga Covid 19 segera diambil oleh Allah SWT," ucap Zudan.

Ketum Korpri ini sekali lagi meminta bantuan kepada seluruh pengurus Korpri di Pusat, Kementerian, Lembaga, di Pemda, di Perwakilan Luar Negeri dan seluruh ASN untuk menyebarkan pesan dan ajakan ini kepada ASN yang lain.

"Semoga ajakan ini disambut dan direspon menjadi gerakan bersama yang terus menerus, membesar, berkelanjutan dan tidak berhenti, pada saat ini saja" ujar Prof Zudan yang juga Alumni Undip ini***

Editor : Gungde Ariwangsa SH