logo

Menpan-RB Serahkan Penghargaan Kepada 103 Pemangku Kebijakan

Menpan-RB Serahkan Penghargaan Kepada 103 Pemangku Kebijakan

Menpan-RB Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo atas nama Pemerintah Kota Solo yang dinilai baik dalam pengarsipan (istimewa)
26 Februari 2020 22:17 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan penghargaan kepada 103 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah melakukan sistem pengarsipan dengan baik. Kota Solo menjadi salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan.

Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo pada saat acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020).

"Lembaga pemerintahan harus memperbaiki sistem kearsipan. Arsip penting untuk menjaga sejarah bangsa hingga aset negara," kata Tjahjo Kumolo dalam sambutannya.

Tjahjo juga mengatakan banyak aset-aset negara yang bermasalah karena tidak adanya arsip. Aset-aset tersebut berada di sejumlah daerah, antara lain Jakarta dan Solo.

"Dua tahun lalu sebuah gedung megah di sebuah protokol, milik DKI, tahu-tahu hilang, kalah di pengadilan karena arsip nggak ada. Di Solo, masalah serupa terjadi pada kawasan Sriwedari dan Benteng Vastenburg," katanya lagi.

Arsip juga penting untuk membuat sejarah menjadi otentik. Ada sejumlah sejarah Indonesia yang tidak ada arsipnya.

"Seperti Supersemar saja tidak ada arsipnya. Saya sampai mendatangi keluarga Pak Yusuf mantan Panglima ABRI. Saya datangi katanya bapak dulu di sini, di sini, ini yang hilang," jelasnya.

Dalam acara yang juga dihadiri, Plt Kepala ANRI M Taufik, Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, tersebut Menpan-RB menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo, atas nama pemeringah Kota Solo yang mendapatkan nilai 82,44 Kategori A (memuaskan).

Selain Kota Solo, penghargaan serupa juga antara lain diberikan kepada Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, serta Kementerian Sosial.

Sementara itu menurut Plt Kepala ANRI, M Taufik, saat ini kearsipan sudah bergeser ke teknologi informasi. Sehingga arsip harus ada di garda paling depan, sesuai paradigma. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto