logo

Tiga Pasang Calon Bakal Bertarung Di Pilgub Kepri 2020

Tiga Pasang Calon Bakal Bertarung Di Pilgub Kepri 2020

Tiga pasang bakal calon Pilub Kepri 2020.
21 Februari 2020 10:40 WIB
Penulis : Agung Elang

SuaraKarya.id - BATAM: Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) 2020 bakal seru, diprediksi Pilgub 2020 nanti Kepri bakal menjadi pertarungan tiga pasang calon. Hal tersebut berdasarkan kabar yang saat ini sedang ramai diperbincangkan kalangan masyarakat.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah kalangan menyebut tiga pasangan tersebut adalah Isdianto-Marlin, Ismeth Abdullah-Irwan Nasir dan Soerya Respationo-Apri Sujadi, ada kabar juga bahwa Soerya bakal menggandeng Syahrul. Kendati belum satupun pasangan melakukan deklarasi, namun para kandidat dikabarkan sudah melakukan komunikasi yang matang terkait majunya di Pilgub mendatang.

Menanggapi hal tersebut, pemerhati Pilkada Kepri Irfan Dinata, menilai bahwa ketiga kandidat pasangan tersebut tergolong tokoh lama yang pernah bertarung di Pilkada, kecuali pasangan Isdianto-Marlin yang baru tapi secara survei popularitas dan elektabilitasnya bagus dan tinggi.

"Hampir rata-rata pernah bertarung, seperti Soerya Respationo pernah di Pilgub 2015 lalu meskipun kalah dari pesaingnya, dan Ismeth jelas semua tahu mantan Gubernur Kepri yang sempat tersandung kasus," kata Irfan, saat ditemui media di kawasan Mega Legenda, Kota Batam, Kamis (20/02).

Masih kata Irfan, yang menarik adalah pasangan Isdianto-Marlin, karena prediksi untuk mendulang suara banyak akan dimungkinkan terjadi. Jika melihat Isdianto sangat diuntungkan dengan jabatannya saat ini sebagai Plt. Gubernur Kepri tentu sangat banyak waktu sosialisasi ke masyarakat melalui program kedinasan, belum lagi basis Almarhun Muhammad Sani dulu yang masih kental ke Isdianto.

Lalu bagaimana dengan cawagub Marlin Agustina, Irfan menambahkan, semua masyarakat di Kepri khususnya di Batam pasti mengetahui sosok istri Walikota Batam Muhammad Rudi tersebut. Jika melihat beberapa lembaga survei termasuk SMRC beberapa waktu lalu, Rudi sebagai calon dengan prosentase tertinggi.

"Pasti ada yang bertanya apa hubungannya Rudi dengan Marlin, yang jelas nanti Rudi tidak akan tinggal diam. Kampanye Rudi ya kampanye Marlin dan suara Rudi ya suara Marlin. Ini juga akan menguntunglan pasangan Isdianto-Marlin" ungkap Irfan.

Secara terpisah, Peneliti dari Lembaga Survei Politik Indonesia Rachmayanti Kusumaningtyas, mengatakatan jika ketiga kandidat nanti resmi bertarung di Pilgub 2020, maka peluang menang Isdianto-Marlin sangat terbuka dibanding pesaingnya.

"Jika mengkalkulasi kekuatan hari ini, pasangan Isdianto-Marlin memang sangat diuntungkan. Isdianto sebagai Plt. Gubernur dan Marlin sudah pasti ada gerakan akar rumput yang dikomandoi Rudi," kata Rachma, kepada media melalui pesan tertulis, Kamis (20/02).

Namun bukan lantas tidak menghitung pergerakan Soerya Respationo dan Ismeth Abdullah. Kedua figur tersebut merupakan figur lama, Soerya punya kekuatan basis PDIP sebagai pemenang di Pileg 2019 lalu, dan Ismeth juga punya basis lama atas jasanya sebagai bapak perekononmian Kepri.

Akan tetapi, lanjut Rahma, beberapa lembaga Survei masih menyebut bahwa elektabilitas Soerya dan Ismeth masih rendah dan ini juga menjadi ancaman tersendiri. "Soerya-Apri mungkin nanti akan leluasa di Bintan, karena Apri punya basis kuat di Bintan, tapi kalau di Batam akan berhadapan dengan Rudi," katanya.

Kabupaten Karimun, bisa jadi akan menjadi kekuatan basis Isdianto-Marlin karena keduanya sama-sama asli Karimun, jadi sangat tertutup untuk Soerya dan Ismeth untuk di Karimun, Apalagi jika melihat Ismeth yang pasangannya adalah Irwan Nasir Bupati Meranti akan kesulitan, karena saat ini popularitasnya masih belum nampak di Kepri dan diperlukan kerja ekstra untuk Ismeth-Irwan.

"Peta politik masih dinamis, semua kondisi masih sangat bisa berubah. Namun, jika Pilkada Kepri 2020 dilaksanakan hari ini dengan pertarungan tiga kandidat tersebut, sudah dipastikan kemenangan ada pihak Isdianto-Marlin," tutup Rahcma.

Editor : Gungde Ariwangsa SH