logo

Skuat Garuda Diberikan Menu Tes Fisik

Skuat Garuda Diberikan Menu Tes Fisik

19 Februari 2020 19:34 WIB
Penulis : Azhari Nasution

SuaraKarya.id - JAKARTA : Tim Nasional Indonesia menjalani tes fisik pada Rabu (19/2/2020) siang di Lapangan G, Senayan, Jakarta. Seluruh pemain mengikuti latihan dengan semangat dan antusias di bawah komando manajer pelatih, Shin Tae-yong.

TC Timnas Indonesia berlangsung sejak 14 Februari hingga 22 Februari mendatang. Latihan digelar lebih dini untuk mematangkan persiapan demi persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand dan Uni Emirat Arab pada akhir Maret mendatang.

Tes fisik menggunakan alat yang bernama Smart Gate. Alat tersebut untuk melihat bagaimana kecepatan, kelincahan serta kebugaran pemain. Tiga aspek yang akan diukur dalam tes fisik yakni speed, agility, dan fitnes.

Para pemain berlari mengikuti sinar lampu yang membuat mereka harus berganti arah dengan cepat. Nantinya, semua data pergerakan pemain terekam dalam perangkat lunak yang dapat diakses melalui komputer atau gawai. Data tersebut lalu dianalisis lalu dievaluasi. Latihan seperti itu lazim digunakan oleh atlet-atlet dunia dari beragam cabang olahraga seperti sepak bola, atletik, bola basket dan rugbi.

“Pelatih meminta kami untuk bekerja keras dan disiplin. Hari ini kami diberikan menu tes fisik,” kata gelandang Saddil Ramdani.

Sementara, pemain belakang Alfeandra Dewangga mengatakan bahwa semua pemain mengikuti instruksi pelatih Shin Tae-Yong dengan semangat.

“Fokus utama pelatih Sin masih ke kondisi fisik,” kata Alfeandra, yang pada akhir Januari 2020 mengikuti TC timnas U-19 di Thailand juga bersama Shin Tae-Yong.

Ia juga memanfaatkan kesempatan pemusatan pelatihan saat ini  untuk menimba ilmu bersama pemain senior. "Saya sharing ke senior bagaimana cara bermain dengan posisi yang baik. Terus apa aja yang kita lakukan saat bertahan maupun penyerang," tambahnya.

Editor : Gungde Ariwangsa SH