logo

Virus Baru Misterius Dengan Nama Mematikan Tapi Memikat Ditemukan Di Brasil

Virus Baru Misterius Dengan Nama Mematikan Tapi Memikat Ditemukan Di Brasil

Virus ini dinamai Yara, ratu air yang mematikan dalam mitologi Brasil
13 Februari 2020 00:43 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - RIO DE JANEIRO: Ketika dunia terguncang oleh keganasan visrus corona dari Bumi China temuan mengejutkan terjadi di Brasil. Para ilmuwan menemukan virus misterius yang belum pernah terlihat.  Virus ini ditemukan bersembunyi di sebuah danau di Brasil.

Para ilmuwan yang mengidentifikasi virus telah menamainya sebagai virus yara. Berasal dari mitos putri duyung yang memikat tentara di bawah air sampai mati. Kalau virus corona terkenal mematikan maka virus yara  yang baru ditemukan tidak menimbulkan ancaman bagi manusia

Virus baru Brasil, yang tidak menimbulkan ancaman bagi manusia, telah membingungkan para ahli, yang menemukan lebih dari 90 persen DNA-nya tidak diketahui para ilmuwan.  Dijuluki "yaravirus", itu sangat aneh sehingga memaksa peneliti untuk memikirkan kembali bagaimana mereka mengklasifikasikan virus itu.

"Ini adalah salah satu alasan mengapa virus baru ini sangat menarik," kata Dr Jônatas Abrahão, seorang ilmuwan di Universitas Federal Minas Gerais di Brasil yang membantu dalam penelitian. "Kami mengklaim bahwa itu menantang klasifikasi virus DNA."

Virus Yara dikumpulkan dari organisme bersel tunggal yang disebut amuba yang ditemukan di danau buatan di kota Brasil, Belo Horizonte.

Itu dinamai Yara, ratu air yang mematikan dalam mitologi Brasil. Lagunya diyakini tak tertahankan bagi pria yang, sekali di bawah mantranya, diseret ke dalam air untuk hidup bersama selamanya.

Virus Yara pertama kali memuncak minat para ilmuwan karena itu jauh lebih kecil dari virus yang biasanya diketahui menginfeksi amuba. Setelah mencermati DNA-nya dengan cermat, mereka mendapati bahwa totalnya ada 74 gen. Hanya enam yang pernah terlihat sebelumnya.

Dr Abrahão mengatakan hasil menunjukkan hanya "seberapa banyak kita masih perlu memahami" tentang virus. Virus adalah salah satu bentuk kehidupan terkecil di dunia - dan para ilmuwan masih tidak yakin apakah mereka itu bentuk kehidupan.

Mereka tidak dapat hidup atau berkembang biak di luar organisme inangnya,  menunjukkan bahwa mereka lebih merupakan kumpulan molekul yang kompleks  daripada makhluk hidup.

Untungnya bagi umat manusia, virus yara hanya dapat mentransmisikan dari satu
amuba ke amoeba yang lain. Tidak ada tanda-tanda mereka dapat menginfeksi atau membahayakan manusia. ***