logo

Dibanding Negara Lain Pesona Bawah Laut Indonesia Lebih Indah

Dibanding Negara Lain Pesona Bawah Laut Indonesia  Lebih Indah

Keindahan Alam Laut Raja Ampat/Foto:Istimewa
12 Februari 2020 17:44 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SORONG:Sejumlah pelancong  dalam negeri  (Indonesia), yang ditemui suarakarya.id, di Sorong, Rabu (12/2/2020), mengatakan  dibanding berwisata ke negara lain, lebih baik  di  Kepulauan Raja Ampat (Indonesia)  karena lebih indah alam bawah lautnya.

 “Bicara keindahan alam bawah laut  Indonesia memang tak pernah ada habisnya. Hal itu karena Indonesai  seperti di Kepulauan Raja Ampat memiliki banyak spot menarik yang baik untuk dinikmati,”kata Doni, wisatawan Nusantara (Wisman) asal Semarang beserta istrinya, yang  untuk kedua kalinya berwisata ke  Raja Ampat kepada suarakarya.id,  di Dermaga Pelabuhan Rakyat Sorong, Rabu.

Jujur saja, lanjut Doni, bahwa  saat ini  Papua Barat khususnya Raja Ampat,  menjadi daerah yang mendatangkan banyak wisatawan mancanegara. Karena, ada dua pariwisata unggulan yang 'dijual' dan laris manis dikunjungi.

Tak tanggung-tanggung, parisawata unggulan Papua Barat itu bahkan masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia. Adalah wisata bahari kelas dunia, yaitu Festival Pesona Bahari Raja Ampat dan Festival Budaya Papua Barat.

Sebagai contoh, Festival Seni Budaya Papua Barat  yang  digelar di Manokwari pada 7-11 Oktober 2019 lalu. Sementara Festival Pesona Bahari Raja Ampat  berlangsung  di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat pada 18-22 Oktober 2019  lalu.

Yang menjadi daya tarik dari dua Festifal itu adalah  body painting, lomba tari pergaulan, yosim pancar. Lalu, pameran  kerajinan tangan khas  daerah ini . Termasuk,  mengunjungi  pulau  Piyainemo dan kepulaun Fam. Lantas kegiatan  diving dan snorkeling yang amat menarik.

Dikatakan Doni, itu baru di Papua Barat, belum termasuk di Papua  dengan Danau Sentaninya, yang memiliki keindahan  hampir sama di Raja Ampat.

“Saya  pernah ke Raja Ampat dan tentunya  telah faham dengan  makanan mau pun akomodasinya selama berada di  daerah ini.  Masalah makan  banyak dijual  dalam kota Waisai. Sehingga, tak perlu banyak persiapan ketika hendak ke  Raja Ampat,”kata Doni.

Karena itu, lanjutnya, ia mengajak wisman agar tak perlu  berlibur ke  negara lain karena dalam negeri  banyak sekali  lokasi wisata apalagi di Papua yang sangat  indak. Di alam bawah laut, danau, mau pun  hutan yang belum banyak diganggu tangan-tangan jahil, baik untuk dikunjungi , demikian Dodi. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH