logo

Kabupaten Sidoarjo Butuh Sosok Pemimpin Enterpreuner

 Kabupaten Sidoarjo Butuh Sosok Pemimpin Enterpreuner

26 Januari 2020 20:26 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SIDOARJO: Faktor mentalitas dan kualitas kepemimpinan kepala daerah menjadi penghambat kemajuan Kabupaten Sidoarjo. Warga di wilayah penyangga Kota Surabaya ini akhirnya berharap Pilkada 2020 mampu menghasilkan bupati enterpreuner yang mampu membawa Sidoarjo menjadi jauh lebih baik.

Menurut Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Kelana Aprilianto, Sidoarjo merupakan wilayah yang sangat seksi untuk mengantar rakyatnya menjadi jauh lebih sejahtera. "Kendalanya memang pada faktor kepemimpinan. Makanya saya hadir karena kemampuan enterpreuner saya bisa dimanfaatkan untuk memajukan Sidoarjo," ujarnya, Minggu (26/1/2020).

Dia kemudian menyebutkan tentang Sidoarjo yang merupakan wilayah penyangga Kota Surabaya yang padat. Kabupaten yang bertetangga dengan Surabaya ini juga merupakan sentra industri yang hampir seluruh produknya dipasok untuk kebutuhan nasional dan ekspor.

Kelana Aprilianto yang merupakan politisi Partai Hanura dan dekat dengan tokoh-tokoh pusat itu, sudah siap memanfaatkan jaringan yang dimilikinya untuk kepentingan Sidoarjo. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga dijanjikan akan lebih pro rakyat dari pada periode sebelumnya.

Pihaknya dekat dengan tokoh-tokoh kabinet sekarang karena pernah senasib memperjuangkan Joko Widodo menjadi Presiden RI. Kelana melalui elemen Relawan Jokowi (Rejo) Jatim yang dipimpinnya, berhasil meyakinkan warga Jawa Timur, tentang pentingnya memilih Jokowi.

Disinggung tentang maraknya kasus korupsi yang kerap menjerat kepala daerah, termasuk Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah yang kini ditahan KPK, Kelana memastikan tak akan pernah terjadi pada dirinya. "Silakan tanya pada siapa saja, tentang sosok Kelana. Saya anti korupsi, saya sudah selesai dengan diri saya sendiri," ujar pengusaha sukses dengan 5.000 lebih karyawan tersebut.

Kehadiran Kelana dalam bursa pilkada belakangan semakin diperhitungkan pihak lawan. Dibanding sejumlah kandidat, termasuk nama-nama besar yang turun gunung, Kelana yang berjiwa petarung itu memang lebih unggul.

Menurut Tim Sukses Kelana, Herianto, nama Kelana Aprilianto sudah lebih dulu melekat di kalangan tokoh-tokoh santri di wilayah yang didominasi pemilih tradisional tersebut. "Kelana paling dikenal di kalangan pesantren, karena jabatan beliau selaku wakil pembina/penasehat Pesantren Jawa Timur," ujarnya.

Wajar, kata dia, bila hubungan Kelana yang cukup harmonis di kalangan ulama, menjadi pertimbangan tersendiri bagi sejumlah partai politik. Selain dua parpol yang punya kursi di DPRD Sidoarjo, sejumlah parpol non parlemen juga sudah memastikan dukungannya pada sosok sederhana ini.

Ditanya tentang latar belakangnya maju pilkada, Kelana mengaku hasratnya maju dalam bursa pilkada Sidoarjo, lebih dilatarbelakangi oleh  kondisi Kota Sidoarjo yang terkesan biasa-biasa saja. Di tangan kepemimpinan yang tepat, Kelana memastikan Sidoarjo bisa melesat lebih cepat.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto