logo

Australia Terbuka: Ons Jabeur Wanita Arab Pertama Tembus Perempatfinal Grand Slam

Australia Terbuka: Ons Jabeur Wanita Arab Pertama Tembus Perempatfinal Grand Slam

Ons Jabeur dari Tunisia mencangkan balas dendam setelah menyingkirkan pembunuh raksasa
26 Januari 2020 18:47 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MELBOURNE: Petenis putri Tunisia Ons Jabeur mencatat sejarah sebagai putri Arab pertama yang mampu menembus perempatfinal turnamen tenis grand slam. Jabeur menorehkan sukses ini di Australia Terbuka setelah menyisihkan pembunuh raksasa asal China, Wang Qian di Melbourne Park, Minggu (26/1/2020).

Jabeur yang tidak diunggulkan mengirim harapan Wang ke luar dari Australia Terbuka lewat kemenangan 7-6 (7-4), 6-1.  Wang yang menumbangkan Serena Williams (Amerika Serikat) di putaran ketiga kehabisan tenaga melawan Jabeur yang kuat. Menghadapi unggulan ke-27 itu, Jabeur bangkit dari ketinggalan pada set pertama untuk menang 7-6 (7/4), 6-1.

Jabeur, wanita Arab peringkat tertinggi dalam sejarah menjadi wanita Tunisia pertama yang memenangkan pertandingan babak utama di Australia Terbuka. Dia mencapai karir tertinggi tahun lalu.

"Saya benar-benar gemetaran sekarang, sungguh sulit dipercaya, saya tidak bisa menggambarkan bagaimana perasaan saya," kata pemain berusia 25 tahun itu, yang akan bertemu pemain Amerika Sofia Kenin di babak delapan besar.

Dia mencanangkan balas dendam melawan Kenin yang mengalahkannya tahun lalu di Hobart dan batal melawannya di Mallorca. "Terakhir kali Kenin menang melawan saya jadi mungkin itu akan menjadi balas dendam saya," ujar Jabeur.

Kenin yang menempati unggulan 14 menyisihkan rekan senegaranya Coco Gauff . Setelah kehilangan set pertama melalui tie break, Kenin bangkit untuk menggagalkan unggulan 15 itu mencapai  perempat final Grand Slam pertamanya. Kenin  melaju dengan kemenangan 6-7 (5-7) 6-3 6-0.

Sementara itu petenis nomor satu dunia Ashleigh Barty selamat dari ketakutan untuk mengalahkan Alison Riske dan mencapai perempat final Australia Terbuka di Melbourne.
Barty favorit tuan rumah mengatasi set kedua yang buruk untuk mengalahkan unggulan ke-18 Amerika 6-3 1-6 6-4 di depan penonton yang penuh sesak di Rod Laver Arena.

Barty telah kehilangan dua pertemuan sebelumnya dengan Riske, termasuk pertandingan tiga set di Wimbledon pada 2019. Dia akan menghadapi unggulan ketujuh dari Ceko Petra Kvitova di babak selanjutnya. Kvitova, yang mengalahkan Barty pada tahap yang sama tahun lalu, berjuang dari ketinggalan untuk mengalahkan Yunani Maria Sakkari 6-7 (4-7) 6-3 6-2.

"Aku mencintai Petra, tapi mari kita berharap dia tidak menghancurkan hatiku pada Selasa malam," kata Barty.

Kvitova berjuang melewati Sakkari untuk mengadakan pertemuan dengan teman baiknya Barty, yang ia kalahkan dalam perjuangannya ke final Australia Terbuka pada 2019. ***