logo

Australia Terbuka: Thiem Senang Jumpa Monfils, Nadal Menanti Kyrgios

Australia Terbuka: Thiem Senang Jumpa Monfils, Nadal Menanti Kyrgios

Rafael Nadal menanti pengecam dan pengejeknya di babak keempat Australia Terbuka
25 Januari 2020 20:00 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MELBOURNE: Tunggal putra turnamen tenis Australia Terbuka diperkirakan menyajikan pertarungan menarik setelah lolosnya  Dominic Thiem dan Rafael Nadal ke babak keempat, Sabtu (25/1/2020). Thiem selanjutnya berjumpa pemain gigih  Gael Monfils sedangkan Nadal berpotensi menghadapi pengecamnya Nick Kyrgios.

Unggulan kelima Dominic Thiem akan menghadapi Gael Monfils di babak keempat Australia Terbuka setelah mengalahkan Taylor Fritz 6-2 6-4 6-7 (5-7) 6-4. Sebelumnya, Monfils mengalahkan kualifikasi Latvia Ernests Gulbis 7-6 (7-2) 6-4 6-3

Petenis Austria, Thiem yang  berusia 26 tahun, mematahkan servis lawannya dari Amerika itu tiga kali untuk unggul 2-0 sebelum unggulan ke-29 itu mengalahkan lawannya pada set-break set ketiga. Thiem mengamankan kemenangan di game ke-10 set keempat yang ketat ketika dia mematahkan lawannya dengan love game.

"Gael dan saya memiliki pertandingan hebat; selalu demonstrasi besar melawannya. Menyenangkan bertemua dia di lapangan.  Ini acara yang menarik untuk Anda lihat."

Unggulan teratas Rafael Nadal melewati rekan senegaranya asal Spanyol Pablo Carreno Busta dalam dua set langsung untuk mencapai putaran keempat Australia Terbuka. Nadal, 33, sangat tajam dalam servis saat untuk menaklukkan Busta, unggulan ke-27, dengan skor 6-1 6-2 6-4.

Juara Grand Slam 19 kali itu bisa menghadapi petenis Australia Nick Kyrgios di babak 16 besar. Kyrgios, 24, memainkan pertandingan putaran ketiga melawan unggulan 16 asal Rusia Karen Khachanov.

Dengan Nadal dan Kyrgios yang menempati unggulan ke-23 tidak saling berhadapan dalam beberapa tahun terakhir, prospek pertemuan lain antara keduanya adalah yang menggiurkan. Kyrgios merupakan pengecam Nadal dan mempermainkan service bawah lengan untuk  mengejek Nadal, seperti halnya lawan Gilles Simon, dalam kemenangan putaran kedua atas Prancis.

"Itu pertandingan terbaik saya di turnamen ini tanpa keraguan," kata Nadal, yang mencetak 42 pemenang dan hanya membuat tujuh kesalahan sendiri. "Saya melakukannya dengan sangat baik dengan servis saya dan mulai memukul beberapa forehand down the lina. Itu adalah kunci bagi saya," ucap juara Australia Terbuka 2009 itu.

Stan Wawrinka, yang memenangkan gelar pada tahun 2014, pindah ke babak keempat ketika John Isner mundur  karena cedera kaki. Swiss Wawrinka memimpin 6-4 4-1 ketika petenis Amerika itu mundur. Pemenang tiga kali Grand Slam Wawrinka akan menghadapi unggulan keempat Rusia Daniil Medvedev atau pemain Australia Alexei Popyrin dalam babak berikutnya.
Unggulan ke-17 dari Rusia Andrey Rublev mencatat kemenangannya yang ke-15 berturut-turut dengan skir 2-6 7-6 (7-3) 6-4 7-6 (7-4) atas unggulan ke-11 dari Belgia David Goffin. Rublev, yang telah memenangkan gelar di Adelaide dan Qatar tahun ini, sekarang akan menghadapi unggulan ketujuh asal Jerman Alexander Zverev di babak empat.

Zverev belum kehilangan satu set pun di turnamen setelah mendaftarkan kemenangan 6-2 6-2 6-4 atas Fernando Verdasco dari Spanyol. ***