logo

Australia Terbuka: Halep Dan Muguruza Impresif Saat Unggulan Bertumbangan

Australia Terbuka: Halep Dan Muguruza Impresif Saat Unggulan Bertumbangan

Garbine Muguruza dari Spanyol terlempar ke luar 30 besar dunia karena penampilannya merosot sejak juara Wimbledon
25 Januari 2020 19:23 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MELBOURNE: Dua mantan ratu tenis dunia, Simona Halep dan Garbine Muguruza menunjukkan penampilan impresif  pada babak ketiga turnamen tenis Australia Terbuka 2020. Mereka mencuri perhatian ketika para unggulan bertumbangan di Melbourne Park, Sabtu (25/1/2020).

Hampir tidak ada kesalahan yang dibuat Halep dari Romania saat meraih kemenangan 6-1, 6-4 atas petenis Kazakhstan Yulia Putintseva. Halep yang menempati unggulan empat itu tampil impresif untuk selanjutnya bertemu  unggulan ke-16 Elise Mertens, yang mengalahkan petenis Amerika Catherine Bellis 6-1 6-7 (5-7) 6-0.

Juara Wimbledon itu mematahkan semua game servis lawannya di set pertama tetapi mendapat perlawanan  lebih keras di set kedua. Setelah bertukar istirahat dengan Putintseva sebelum mematahkan servis lagi menjadi 4-3, dia menyelamatkan dua break point dalam game service berikutnya. Halep akhirnya membungkus kemenangan di game ke-10 ketika slice lawannya menabrak net.

"Itu adalah tahun yang hebat untuk memenangkan Wimbledon, tetapi ini tenis yang berbeda," kata Halep, yang mencapai final pada 2018 tetapi kalah dari Caroline Wozniacki. "Saya siap - saya siap ketika saya tiba di sini."

Penampilan lebih ganas ditunjukkan Garbine Muguruza dari Spanyol. Muguruza hanya butuh 68 menit untuk melaju melewati unggulan kelima Elina Svitolina Svitolina dari Ukraina 6-1, 6-2.

Mantan petenis nomor satu dunia Muguruza yang juara grand slam  Prancis Terbuka 2016 dan Wimbledon setahun kemudian, hanya membuat sembilan kesalahan sendiri. Dia selanjutnya bertemu dengan dengan Kiki Bertens atau Zarina Diyas.

Sejak meraih juara Wimbledon, Muguruza menghadapi masalah konsistensi sehingga peringkatnya melorot ke urutan 32 dunia. Dengan permainannya yang menjanjikan kali ini, Muguruza bukan tidak mungkin akan melaju lebih jauh di Melbourne.  

Selain tumbangnya unggulan lima di tangan Muguruza kejutan besar juga terjadi setelah unggulan dua Karolina Pliskova dari Ceko juga harus angkat koper. Pliskova, yang memenangkan Brisbane International dalam persiapan turnamen, kalah 7-6 (7-4) 7-6 (7-3) dari Anastasia Pavlyuchenkova dari Rusia.

Pavlyuchenkova, perempat finalis tahun lalu, bercanda dalam wawancara di lapangan: "Saya benar-benar bahagia, tetapi akan menyadarinya nanti karena saya masih fokus pada poin berikutnya. Saya menikmati pertandingan - untuk mengalahkan Karolina untuk pertama kalinya sungguh menakjubkan. Aku memenangkan gelar junior Australia dua kali; itu membuatku berpikir aku bisa memenangkan mahkota senior."

Sedangkan Pliskova  menyalahkan kekalahan atas kesalahan yang dibuatnya. "Saya melakukan banyak kesalahan," katanya. "Saya pikir saya mengalami kesulitan dengan servis saya."

Pavlyuchenkova selanjutnya akan menghadapi juara 2016 Angelique Kerber, yang dibuat untuk bertarung oleh Camila Giorgi tetapi berhasil menang 6-2 6-7 (4-7) 6-3. Itu adalah pertempuran antara agresi Giorgi dan pertahanan Kerber dengan kunci 65 kesalahan sendiri Italia saat unggulan ke-17 Jerman melewati.

Kejutan lainnya terjadi ketika unggulan keenam dari Swiss, Belinda Bencic, ditundukkan Anett Kontaveit dari Estonia. Bencic  kalah 6-0 6-1 hanya dalam 49 menit di Margaret Court Arena. Kontaveit selanjutnya dinantikan oleh Pole Iga Swiatek yang berusia 18 tahun, yang mengalahkan unggulan ke-19 Donna Vekic dari Kroasia 7-5 6-3. Sebelum ke Melbourne, remaja itu belum melewati tahap putaran kedua di Grand Slam. ***