logo

Advokat Dan Pencari Keadilan Diresahkan Sidang Molor

Advokat Dan Pencari Keadilan Diresahkan Sidang Molor

PN Jakarta Utara
24 Januari 2020 21:25 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Persidangan-persidangan perkara baik perdata maupun pidana seringkali digelar molor di PN Jakarta Utara. Untuk perkara perdata, sidang yang pada akhirnya berlangsung beberapa menit saja harus ditunggu dari jam 10.00 sampai pukul 15.00.

“Sangat tidak efektif waktu persidangan sekarang ini,” ujar seorang advokat di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Untuk persidangan kasus pidana pun kurang lebih sama. Dijadwalkan pukul 13.00 baru bisa digelar pukul 19.00. “Pokoknya kalau mengikuti sidang harus terbuang waktu sehari kendati itu hanya sekedar ketuk palu hakim menunda sidang,” keluh advokat lainnya.

Gara-gara molornya waktu sidang itu pula, sejumlah advokat protes di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, karena belum ada sidang hingga pukul 15.00 Wib, Kamis (23/1/2020).

Nelson Daniel Boling dari kantor LBH Institut Lembang 9, protes dan hendak menghadap Ketua Pengadilan Jakarta Utara. “Apa kita dianggap binatang di sini? Dari pukul 9.00 Wib saya sudah di sini (pengadilan) sampai sekarang belum sidang? Ada apa? Kalau tidak sidang bilang!” ucap Nelson setengah berteriak, yang ditenangkan oleh security PN Jakarta.

Untungnya securiti tidak memancing emosi. “Sabar Pak! Biar saya laporkan,” ucap securiti menenangkan advokat.

Sekitar 30 menit kemudian baru sidang dimulai. “Maaf, ada majelis yang belum datang. Jadi belum bisa digelar sidang. Sekarang beliau (hakim Firman) sudah datang, silahkan masuk ruangan,” kata sekuriti sembari memanggil nomor register perkara yang akan disidangkan.

Menurut Daniel sudah ada sejumlah adavokat yang sudah pulang dan meninggalkan pengadilan karena tidak betah menunggu waktu sidang  yang tidak pasti.

Hal yang sama juga terjadi pada sidang pidana. Keluarga terdakwa dan para advokat sudah pada gelisah karena hingga pukul 15.00 Wib belum ada sidang. “Boro-boro sidang. Tahanan saja baru sampai. Naik tahanan paling pukul 16.00 Wib, sidang kaya kemarin lagi pukul 16.30 Wib. Pulang malam lagi kita,” ucap salah seorang panitera pengganti (PP) yang tidak mau disebut namanya.

Untuk diketahui pada beberapa bulan lalu, pada tahun 2019,  sidang di PN Jakarta Utara sudah mulai pukul 09.30 Wib. Dan sidang pidana sudah mulai pukul 13.00 WIB. Namun hal itu berlangsung hanya beberapa bulan saja. Setelah itu kembali lagi jadwal sidang tidak jelas. Tahanan datang pukul 15.00 Wib bahkan bisa lebih.

Penyebab persidangan kembali molor lagi belum terkonfirmasi ke Ketua PN Jakarta Utara maupun Kepala Kejaksaan Jakarta Utara. Ketua PN Jakarta Utara nyaris tidak pernah bisa dimintai penjelasan baik itu terkait penanganan perkara maupun kebijakannya.

Editor : Gungde Ariwangsa SH