logo

Gaya Spa Angkat Etno Spa Tangas Betawi Di Tahun Baru Imlek

Gaya Spa Angkat Etno Spa Tangas Betawi Di Tahun Baru  Imlek

24 Januari 2020 01:00 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA:Tahun Baru Imlek tentu disambut dengan bahagia cantik, dan bugar. Di Xin Chia tahun ini Gaya Spa secara khusus mengangkat Etno Spa Tangas Betawi.

Menurut Lourda Hutagalung selaku founder dan owner Gaya Spa, Etno Spa Tangas Betawi menjadi tema yang diangkat pionir Spa di tanah air ini sebagai bentuk penghargaan terhadap etnis Cina perpaduan Arab, India, Sunda, Jawa, Eropa, dan Melayu yang membaur, sehingga tercipta kristalisasi dengan ragam budaya masa silam yang secara utuh menjadi budaya Betawi.

"Masyarakat Betawi, sangat percaya bahwa menjaga kebersihan merupakan hal yang penting, salah satu filosofi utama masyarakat Betawi adalah “Kebersihan adalah sebagian dari Iman.”," ujar Lourda Hutagalung di tempat usahanya, Gaya Spa, Wolter Mongonsidi Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020).

Saking pentingnya kebersihan bagi perempuan Betawi dan keluarganya bahkan ada pantun terkenal Betawi yang berbicara tentang kebersihan, yakni : Pisau Belati Potong Selasih, Pisau Tajam Memotong Taman. Bila hatimu bersih, hidup terasa nyaman.

Menurutnya, mentalitas tentang kebersihan tercermin dalam kebiasaan perempuan Betawi yang menganggap penting perawatan Tangas sebagai warisan budaya dari mulai membersihkan kulit sampai dengan perawatan kewanitaan dengan perpaduan rebusan rempah, pijat dan tangas.

Pada kesempatan yang sama Yoyoh R. Tambera yang dikenal sebagai pengajar dan penguji therapist Spa nasional menjelaskan tentang perawatan khas Betawi ini meliputi perawatan kepala untuk menghasilkan rambut sehat, perawatan wajah untuk menghasilkan wajah glowing dan cerah, serta perawatan tubuh untuk relaksasi hingga diakhiri dengan Tangas Betawi atau mandi uap.

"Rangkaian Etno Spa Tangas Betawi ini dimulai dengan sembe Ta’zim untuk peregangan tubuh, lalu dilanjutkan dengan pijat betawi pulen legit ditemani smoke setanggi sebagai aromaterapi untuk mengharumkan tubuh. Lalu proses mandi kembang bersama lantunan lagu nina bobo oleh sang terapis dan diakhiri dengan Tangas atau mandi uap,"urai Yoyoh yang juga menjadi Tim Perumus Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di talkshow mini yang digelar Gaya Spa.

Pembicara lainnya Rosdiana Setyaningrum sebagai Psikolog Klinis dan Pemilik Klinik Psikologi Terpadu serta Rachel Octavia sebagai praktisi mode, kecantikan dan gaya hidup.

Para narasumber menekankan tentang pentingnya kekayaan budaya nusantara yang berlimpah sejatinya merupakan tantangan dan tanggung jawab masyarakat untuk terus digali dan dilestarikan bersama.

"Setiap daerah di Nusantara memiliki filosofi berbeda dalam hal ritual kecantikan dan kebugaran tubuh. Dan itu menjadi karunia Tuhan yang harus disyukuri dan dirawat secara turun temurun serta kita pertahankan menjadi kekuatan bangsa ini," ujar Psikolog Rosdiana Setyaningrum.

Yoyoh R. Tambera kembali menjelaskan ritual kecantikan dan filosofi dimulai melalui etno spa dan rempah-rempah tradisional yang diolah dalam bentuk minyak khusus untuk diaplikasikan pada tubuh tamu etno spa.

"Pentingnya ritual ini bagi tubuh kita, selain itu untuk ketenangan dan relaksasi agar kesehatan mental yang menjadi isu besar akhir-akhir ini bisa tetap terjaga dengan seimbang," jelas pemilik Aleesha Spa yang barada di Bekasi ini.

Di Indonesia, Etno Spa merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang kaya akan keberagaman dari tiap daerah dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari siklus kehidupan dan perkembangan manusia, mulai dari proses kelahiran, tumbuh kembang anak, haid, perawatan prapernikahan, kehamilan, menopause dan post menopause.

Kini Etno Spa Indonesia, jelas Yoyoh menjadi modal dan identitas budaya (National Cultural Identity) yang digali dan dikembangkan dari unsur-unsur budaya Indonesia yang unik, khas, dan otentik hingga berkesempatan meraih prestasi sebagai destinasi utama pariwisata Spa dunia.

Sedangkan Gaya Spa yang telah hadir sebagai Spa tertua di Jakarta dan salah satu Spa terbaik di Indonesia konsisten tetap mempertahankan tradisi perawatan beragam ethno di Indonesia.

"Gaya Spa menyajikan 15 Ethno Spa diantaranya adalah Batak , Betawi, Minang, Sunda, Semarang, Jawa, Madura, Bali, Ambon, Banjar, Dayak, Bugis, Minahasa, Papua dan Timor," ungkap Lourda Hutagalung.

Lourda menyebut ada penawaran istimewa untuk Etno Spa Tangas Betawi yang dimulai pada tanggal 25 Januari sampai dengan 29 Febuari 2020. Gaya Spa memberikan 2 pilihan layanan Etno Spa Tangas Betawi dengan spesifikasi salah satunya, adalah : Tangas Betawi 1 120 minutes dari harga normal Rp 689 ribu sekarang harga promo Imlek Rp 559 ribu, Foobath 5' Aromatherapy Body Compress 10' Betawi Borehan (Body Scrub) 20' Aromatherapy Body Bath 15' Betawi Tangas Traditional Body Steam 10' Betawi Pulen Legit Massage 60' Gift 1 bottle Choice of Shampoo 100 ml by Natural Bali. 

Tak hanya itu, setiap transaksi minimal senilai Rp. 500 Ribu setiap tamu akan mendapatkan lucky angpao yang bisa ditukarkan dengan berbagai layanan istimewa Gaya Spa.

Saat ini Gaya Spa hadir di 3 kota di Indonesia yaitu, Jakarta, Jalan Wolter Mongonsidi, Airport Terminal 3 dan Hotel Discovery Ancol. Pekanbaru di Fox Haris Hotel serta di Bali di Novotel Hotel Ngurah Rai Airport***

Editor : Gungde Ariwangsa SH