logo

Diduga Tak Ada IMB, Kos-Kosan Di Dekat Komplek Menteri Terancam Disegel

Diduga Tak Ada IMB, Kos-Kosan Di Dekat Komplek Menteri Terancam Disegel

Bangunan mewah kos kosan di dekat komplek Menteri Jalan Eidya Chandra tak ber IMB diduga terancam dibongkar.
19 Januari 2020 13:19 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Bangunan megah di Jalan Widya Candra X No 7, Jakarta Selatan, diduga tidak memiliki IMB. Berdasarkan informasi warga setempat, bangunan itu difungsikan sebagai kos-kosan mewah.

Lokasi bangunan berada sangat dekat dengan Kali Krukut. Padahal, jika mengacu pada peraturan yang ada, pendirian bangunan tidak boleh terlalu dekat dengan kali atau aliran sungai, karena dikhawatirkan dapat menjadi pemicu banjir.

"Bangunan yang tidak memiliki IMB dan berada di bantaran kali harus ditindak. Karena sudah menyalahi peraturan dan bisa memicu banjir," ujar Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS) Syaiful Jihad, Minggu (19/1/2019).

Syaiful mendedak, instansi terkait, mulai dari Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata), PTSP, dan Satpol PP segera turun tangan ke lokasi. Apa lagi, saat ini Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan evaluasi keberadaan bangunan tanpa izin yang dibangun tidak pada tempatnya, menyusul kejadian banjir dan bangunan roboh beberapa waktu lalu.

"Peraturan harus ditegakkan. Instansi terkait harus segera turun tangan," tegasnya. Kepala Dinas Citata DKI Heru Hermawanto, beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya terus mengingatkan agar dalam mendirikan bangunan harus memperhatikan masalah perizinan dan kualitas bangunan.

Hal ini agar peristiwa kejadian gedung roboh seperti di Palmerah, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu tidak terulang.

Editor : Gungde Ariwangsa SH