logo

PB Esports Indonesia Resmi Dilantik

PB Esports Indonesia Resmi Dilantik

Foto: Markon Piliang
19 Januari 2020 09:56 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pengurus Besar (PB) Esports Indonesia secara resmi dilantik pada Sabtu (18/1/2020). Anggota pengurus cabang olahraga elektronik ini dilantik langsung oleh Ketua Umum PB Esports Indonesia Budi Gunawan, bertempat di Bali Room Hotel Kempinski Jakarta.

Sejumlah pejabat pun hadir pada acara pelantikan ini, mulai dari Ketua MPR RI Bambang Susetyo, Menpora Zainuddin Amali, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, serta sejumlah Ketua Umum PB cabang olahraga yang merangkap anggota DPR, seperti Utut Adianto (Catur), Ketum Gulat, Ketum Cricket, serta Ketua Umum PSSI Iwan Bule.

Tampak pula hadir pada kesempatan tersebut Sandiaga Salahuddin Uno yang juga masuk sebagai Anggota Dewan Pembina di jajaran pengurus Esports Indonesia.

Pada sambutan singkatnya usai pelantikan pengurus, Budi Gunawan mengatakan bahwa komunitas esports Indonesia saat ini sudah mencapai angka 60 juta penggiat. Diperkirakan pada 2020 ini angkanya akan bertambah menjadi 100 juta penggiat.

“Potensi esports Indonesia untuk berprestasi di arena internasional cukup terbuka. Hal ini terbukti dengan perolehan medali perak di ajang SEA Games Filipina pada Desember tahun lalu,” kata Budi Gunawan yang juga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini.

Sementara Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mengatakan, dengan adanya esports Indonesia, diharapkan para atlet esports Indonesia dapat membanggakan bangsa ini di dunia internasional. Oleh sebab itu, Marciano mengharapkan PB Esports Indonesia segera melengkapi segala administrasi untuk menjadi anggota KONI dalam waktu yang singkat.

“Diharapkan PB Esports segera menyiapkan seluruh persyaratan untuk menjadi anggota KONI, termasuk membentuk pengprov-pengprov,” kata Marciano.

Sedangkan Menpora Zainuddin Amali menegaskan, esports Indonesia harus cepat menyiapkan atlet, sarana dan prasarana latihan, serta perangkat permainan lainnya. Mudah-mudahan Esports sudah dapat dipertandingkan pada Olimpiade Paris 2024.

“Uji coba esports sudah dilakukan pada Asian Games XVIII Jakarta – Palembang dan SEA Games Filipina 2019 lalu. Pada Olimpiade Tokyo 2020 esports sudah harus dikampanyekan, dan pada Olimpiade 2024 sudah dapat dipertandingkan di Paris,” kata Menopra.

Menpora menambahkan, pemerintah akan membangun lima tempat pemusatan latiha esports yang dilengkapi dengan fasilitas medis dan mengaturan gizi yang baik untuk atletnya. ***