logo

Bupati Sorong Resmikan Peningkatan Ruas Jalan Malawor-Makbon

Bupati Sorong Resmikan Peningkatan Ruas Jalan  Malawor-Makbon

Peresmian Peningkatan Jalan Kabupaten Sorong Ruas Malawor-Makbon/Foto Humas Kabupaten Sorong
18 Januari 2020 01:08 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS:Bupati  kabupaten Sorong, Dr Johny Kamuru, M.Si, Jumat (17/1/2020) meresmikan  Peningkatan Jalan Kabupaten Sorong, ruas  Malawor-Makbon.

Konstruksi  ruas jalan tersebut adalah hotmix,  tahun anggaran 2019 dengan pusat peresmian  berlokasi di Kampung  Makbon.

 Pemerintah Kabupaten  Sorong, Provinsi Papua Barat, merampungkan peningkatan jalan yang pembiayaannya disalurkan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur atau SMI.

Bupati  Johny Kamuru,  mengatakan pemerintah daerah memerlukan fasilitas pembiayaan dari pihak ketiga mengingat untuk peningkatan  infrastruktur tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Pekerjaan  peningkatan  jalan di kabupaten Sorong  butuh biaya yang sangat besar, namun ini bukan alasan. Kami mendapatkan pinjaman dari PT SMI yang mau menggelontorkan dana untuk percepatan pembangunan infrastruktur di  kabupaten Sorong,” katanya, Jumat (17/1/2020).

Menurut bupati, pembiayaan dari perusahaan pelat merah tersebut cukup meringankan pemda.  Karena, selain bunga rendah juga sangat memprioritaskan percepatan pembangunan di daerah-daerah termasuk kabupaten Sorong.

“Kalau meminjam di lembaga keuangan lain bunganya tinggi. Jadi, kami cari pilihan lain di PT SMI dan bertahap peningkatan infrastruktur di  kabupaten Sorong  selesai,” jelasnya.

Dia melanjutkan, dirinya akan melibatkan para pihak terkait serta warga untuk bersama-sama menjaga kondisi jalan yang sudah baik tersebut.

“Kami ingatkan juga pihak perusahaan untuk tidak melampaui muatan barang bawaan di jalan raya setempat . Ini, sudah tegas diatur dalam peraturan  pemerintah,” katanya dalam beberapa kesempatan kepada wartawan di Sorong.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kabupaten Sorong, Ir  Supardi, menjelaskan,  Jumat (17/1/2020) Bupati Sorong meresmikan  peningkatan jalan kabupaten Sorong, ruas  Malawor-Kampung Makbon sepanjang 9,1 km berkonstruksi hotmix. Tahun Anggaran 2019. Peresmian, dipusatkan di Kampung Makbon.

Sebelumnya, pada Kamis (16/1/2020), Bupati Sorong, Johny Kamuru, juga meresmikan  Peningkatan  Jalan kabupaten Sorong ruas  Majener-Katapop  berkonstruksi rigit atau beton sepanjang 2,2 km. Tahun Anggaran 2019

Masih hari dan tanggal yang sama, Bupati Kamuru, juga meresmikan  peningkatan jalan  ruas Majener- Petro China sepanjang 1 km, konstruksi hotmix. Ini pekerjaan Tahun Anggaran 2018. Peresmian bertempat di Kelurahan Majener, Kamis (16/1/2020).   

Bupati Johny Kamuru, minta kepada warga Sorong agar memeliharan jalan, jembatan dan sebagainya yang dibangun pemerintah. “Karena  fasilitas seperti jalan dan jembatan itu bermanfaat bagi  mobilisasi barang dan manusia dari dan ke pedesaan (perkampungan) di daerah ini,”kata Bupati Kamuru. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH