logo

Kemeriahan Imlek Berlangsung Sebulan Di Kota Solo

Kemeriahan Imlek Berlangsung Sebulan Di Kota Solo

Lampion menghiasi Kota Solo menyambut Imlek
14 Januari 2020 13:49 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Selama sebulan penuh Kota Solo akan disuguhi kemeriahan perayaan tahun baru Imlek 2571/2020. Ribuan lampion berwarna merah dan shio yang sudah terpasang, mulai dinyalakan, Selasa (14/1/2020). Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen perayaan tahun baru Imlek tersebut akan menjadi daya tarik wisata. Kawasan Pecinan di Solo yang terletak di sekitar Pasar Gede dipenuhi lampion Imlek.

"Imlek di Solo menjadi destinasi wisata di Indonesia. Yang membedakan di Solo ini perayaan Imlek bernuansa kebhinekaan. Karena di sini hampir semua orang ikut merasakan kemeriahannya," jelas Ketua Panitia Bersama Solo Imlek 2571/2020, Sumartono Hadinoto.

Selain 5.000 lampion, panitia juga memasang dua set lampion shio dan neon box. Lampion tersebut dipasang di koridor Jalan Jenderal Sudirman dan kawasan Pasar Gede.

"Akan dinyalakan hingga 15 Februari mendatang. Untuk menyalakan 5.000 lampion itu butuh listrik sekitar 55 ribu watt. Tapi kami sudah mengajukan secara resmi ke PLN, biayanya menghabiskan sekitar 50 hingga 70 juta," jelasnya lagi.

Gapura Imlek seperti tahun-tahun sebelumnya juga dipasang di depan Balai Kota Solo menuju Pasar Gede. Menurut Martono, variasi lampion tiap tahun berbeda sehingga warga yang berswafoto memiliki latar belakang yang berbeda setiap tahun.

Berbagai acara diselenggarakan dalam Imlek 2020 tahun ini. Diantaranya Solo Imlek Fair yang dilaksanakan di gedung Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS).

"Ada juga stand kuliner, handicraft, fashion show, barongsai, shufa dan lain-lain," katanya.

Dalam acara Imlek tahun ini panitia juga bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Pendonor aktif akan dicetak namanya dan mendapat sertifikat. Hal itu untuk mendorong pendonor datang langsung ke PMI.

"Karena saat ini yang dibutuhkan kebanyakan adalah darah komponen bukan darah lengkap. Untuk mengolah menjadi komponen darah hanya bisa 2 jam setelah donor, jadi kami sekaligus mendorong pendonor untuk datang langsung ke PMI," paparnya.

Di acara Solo Imlek Fair di PMS juga ada demo memasak kuliner khas Imlek. Grebeg Sudiro juga akan memeriahkan rangkaian Imlek di Solo. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto