logo

Fashion Show Tuna Netra, Beri Wadah Kreasi Disabilitas

Fashion Show Tuna Netra, Beri Wadah Kreasi Disabilitas

12 Januari 2020 16:04 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - JAKARTA: Bagi kebanyakan orang mungkin fashion show tuna netra adalah sesuatu yang tidak mungkin. Namun tidak demikian bagi Hendra Lesmana. Pemilik Rumah Photo Mua Model (RPM) ini membuktikannya dengan menggelar RPM Award Tuna Netra Fashion Week. Acara yang digelar di DMall Depok, Minggu (12/1/2020) ini menampilkan 17 peserta tuna netra.

Menurut Hendra Lesmana, fashion show dengan menampilkan tuna netra ini merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia atau bahkan mungkin di dunia. "Memang setahu saya belum ada, tapi patut dicoba. Dan disini saya ingin memberikan kesempatan yang sama bagi tuna netra untuk bisa berkreasi," kata Hendra.

Hendra juga membantah kalau acara fashion show tuna netra ini mengeksploitasi mereka. "Justru kami menghargai mereka dengan memberi kesempatan yang sama. Saya rasa mereka juga patut memperoleh kesempatan dalam dunia fashion," kata Hendra.

Kedepannya sendiri Hendra berharap para disabilitas seperti tuna netra ini nantinya bisa dilibatkan dalam event-event yang cukup besar. "Ya kita berharap mereka dikasih kesempatan untuk ikut dalam Jakarta Fashion  Week atau Jember Carnival misalnya. Tidak ada salahnya dicoba," kata Hendra.

Selain menampilkan 17 peserta fashion show tuna netra, acara ini juga diisi dengan penampilan pantomim oleh tuna netra dan lomba fashion show anak-anak.

Acara ini sendiri mendapat apresiasi dari Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara Cahaya Batin. Menurut Ratu Fatin Hamamah, pengelola panti Cahaya Batin ini anak-anak panti sangat senang dikasih kesempatan berkreasi dalam acara ini. "Di panti kami ada 138 warga binaan, dari tuna netra, rungu dan wicara. Mereka senang kalau ada acara seperti ini untuk membuka wawasan, tambah pengalaman dan tentunya hiburan bagi mereka," kata Ratu.

Ratu berharap acara semacam ini bisa dilakukan terus sehingga ada wadah buat para tuna netra berkreasi. "Saya berterima kasih buat mas Hendra dan RPM yang mengadakan acara ini. Saya juga berharap ini bisa dilakukan oleh yang lainnya," kata Ratu.

Editor : Gungde Ariwangsa SH