logo

Lansia Harus Sehat Agar Tetap Bermanfaat Bagi Masyarakat

Lansia Harus Sehat Agar Tetap Bermanfaat Bagi Masyarakat

Ketua umum PWRI Prof Dr Haryono Suyono.(foto,ist)
12 Januari 2020 13:24 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) merupakan wadah bagi para pensiunan. Sesuai Munas PWRI XIII tahun 2016, setiap pimpinan pemerintahan termasuk menteri secara otomatis sebagai pelindung PWRI melalui OPI masing-masing.

Demikian dikemukakan Prof Dr Haryono Suyono selaku Ketua Umum PWRI pada acara Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 yang diselenggarakan oleh PWRI OPI Kementerian ESDM, di Jakarta. Jumat (10/1/2020) malam.

Pada kesempatan itu, mantan Menko Kesra dan Taskin tersebut mendoakan semua anggota PWRI OPI Kementerian ESDM, yang kebanyakan lanjut usia (lansia) selalu dalam keadaan sehat. Sehingga, tetap bisa melakukan kegiatan dengan ceria yang membawa manfaat bagi banyak orang.

Menurutnya, inilah kesempatan untuk mengabdi bagi kepentingan sosial kemasyarakatan. Dicontohkannya, di Jepang banyak lansia yang mengabdikan diri pada kegiatan sosial. Seperti menata tanaman di sekitarnya, menambah keindahan lingkungan.

Disebutkannya, ada tiga rahasia agar bisa hidup dalam usia panjang, tetap aktif dan menikmati hidup bahagia. Pertama harus selalu aktif bergerak.

Kedua, ikigai yang artinya memberi kesempatan kepada pikiran dan tubuh untuk beristirahat. Serta, ketiga memilih lingkungan yang tepat dalam pergaulan.

Pakar pemberdayaan keluarga ini meyakini, prioritas pertama sebagai ummat beragama yaitu selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu ceria, serta optimis menghadapi masa depan. "Banyak lagi, tapi intinya hidup penuh sikap positif menghadapi segala masalah yang timbul," ujarnya.

Dia juga mengajak seluruh jajaran Kementerian ESDM dan OPI nya untuk terjun ke desa, guna menyegarkan budaya gotong royong melalui wadah Pos Pemberdayaan Keluarga atau Posdaya. "Bersinergi bersama masyarakat ikut mensukseskan pembangunan desa," kata dia.

Sekaligus, pembangunan masyarakat melalui kemitraan dan bantuan teknis yang dianggap bisa membantu kelompok masyarakat. Misalnya, pada kelompok tani, dengan melakukan pengolahan kotoran sapi, kambing atau sampah lainnya. Agar dapat terselenggaranya penyediaan energi dari bahan yang terbarukan.

Hadir pula pada kesempatan itu, mantan menteri ESDM Prof Dr Purnomo Yusgiantoro, Ignasius Jonan dan para pejabat Kementerian ESDM, serta para pensiunan kementerian ESDM dan anggota PWRI tingkat pusat dan keluarganya.

Editor : Markon Piliang