logo

Balai Bahasa Papua Gelar Sosialisasi Bahasa Indonesia Kepada Wartawan

Balai Bahasa Papua Gelar Sosialisasi Bahasa Indonesia Kepada Wartawan

Foto:skid (Yacob Nauly)
12 Desember 2019 21:30 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - KOTA SORONG: Balai Bahasa  Papua bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota  Sorong  menggelar  penyuluhan penggunaan bahasa  Indonesia  bagi wartawan  di daerah ini.

"Tujuannya agar bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga kesalahan penggunaan bahasa Indonesia di media luar ruangan tidak terjadi," kata Pemateri  Balai Bahasa  Papua,  Sriyono di  Aula SMK II Kota Sorong, Kamis (12/12/2019).

Penyuluhan tersebut dilakukan selama  dua  hari  dimulai 12-13 Desember  2019. Diharapkan wartawan  dapat memberitakan  di medianya  tentang penggunan bahasa Indonesia yang benar.

Melalui penyuluhan tersebut diharapkan tidak lagi ada kesalahan dalam penulisan bahasa Indonesia di media luar ruangan termasuk penulisan baliho dan spanduk.

Wali Kota Sorong, Lambertus Jitmau melalui Asisten III, Rudy Laku,mengatakan, dengan digelarnya penyuluhan ini dapat memberikan pencerahan bagi  wartawan  dalam berbahasa Indonesia yang baik.

Karena para wartawan  merupakan orang yang sering terlibat dalam penulisan dan penggunaan bahasa Indonesia.

Penulisan dan pengejaan bahasa Indonesia yang kurang tepat akan membuat makna dan artinya berbeda sehingga pesan kepada masyarakat tidak tersampaikan.

Ia berharap setelah penyuluhan tersebut diharapkan tidak ada lagi kesalahan dalam pengejaan dan penulisan bahasa, serta dapat memberikan pencerahan bagi rekan media.

"Mungkin selama ini kita salah dalam pengejaan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Namun setelah penyuluhan ini dapat memahami cara pengejaan bahasa Indonesia yang baik," ujarnya. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto