logo

Akulaku Salurkan Rp 4 Triliun Untuk Pembiayaan Konsumen Kepada Lebih Dari 3 Juta Orang

Akulaku Salurkan Rp 4 Triliun Untuk Pembiayaan Konsumen Kepada Lebih Dari 3 Juta Orang

10 Desember 2019 21:02 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Akulaku Finance, perusahaan pembiayaan berbasis digital ternama di Indonesia, memaparkan beberapa pencapaian di tahun 2019 ini. Lebih dari 4 triliun rupiah telah disalurkan untuk pembiayaan konsumen kepada lebih dari 3 juta orang Indonesia yang merupakan pengguna Akulaku.

"Kami juga telah menekan angka NPF hingga dibawah 1%. Pencapaian tersebut dapat terwujud atas dukungan banyak pihak, yaitu diantaranya OJK selaku regulator maupun rekan-rekan media,” ujar Efrinal Sinaga selaku Direktur Utama Akulaku Finance kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Lebih lanjut Efrinal menjelaskan, didukung pula dengan data yang ditunjukkan Fintech Report 2019 oleh Daily Social, Akulaku Finance sebagai perusahaan pembiayaan berbasis digital dengan layanan yang paling banyak digunakan. 65,9% dari 343 responden menggunakan layanan Akulaku Finance dengan 3 alasan utama yakni layanan nya dibutuhkan, terpercaya serta menjadi alternatif pembiayaan.

Dalam mengukuhkan komitmennya untuk memberikan pembiayaan dengan cara kredit agar dapat diakses bagi masyarakat yang sulit terjangkau oleh layanan keuangan, Akulaku Finance terus berinovasi dimana telah mengeluarkan produk kredit terbaru, yaitu Kredit Kendaraan Bermotor.

Produk kredit tersebut menyediakan fasilitas tunai dengan agunan BPKB mobil yang dapat digunakan untuk kebutuhan modal kerja, rumah tangga dan lainnya. Maksimal kredit yang diberikan adalah 500 juta rupiah dengan pencairan dana sampai 85% dari harga kendaraan (syarat dan ketentuan berlaku) dengan detail tenor dan bunga yaitu 1-3 tahun dengan bunga 12% (flat) dan 4-5 tahun dengan bunga 12,5% (flat).

Efrinal menuturkan bahwa Akulaku Finance kedepannya akan berupaya menghadirkan inovasi-inovasi layanan keuangan yang dibutuhkan demi mewujudkan keuangan inklusif di Indonesia.

     Media Gathering

Hari  Selasa, 10 Desember 2019,  Akulaku Finance,  menggelar Year End Media Gathering sekaligus mengumumkan pemenang Kompetisi Jurnalistik 2019.

Kompetisi menulis tersebut merupakan bentuk apresiasi perusahaan terhadap para insan pers yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan literasi keuangan di era ekonomi digital. Bertemakan “Inovasi Layanan Teknologi Finansial, Disrupsi, serta Manfaat bagi Perekonomian Indonesia”, kompetisi yang telah berjalan berlangsung sejak bulan Juli berhasil mengumpulkan karya tulis informatif sekaligus inspiratif yang dapat berkontribusi positif pada peningkatan literasi keuangan.

Setelah melalui proses penjurian, telah didapat 3 pemenang dengan detail sebagai berikut:
Juara ke- 1 : Cahyo Prayogo (Warta Ekonomi)
Judul Tulisan : Fintech Bukan Melulu Kredit Konsumtif
Juara ke-2 : Lalu Ahmad Hamdani (Tek.id )
Judul Tulisan : Tawaran Jasa Keuangan dan Fintech Lewat SMS Ternyata Langgar Aturan

Juara ke-3 : Ahmad Nabhani (Harian Neraca)
Judul Tulisan : Perluas Inklusi Keuangan lewat Inovasi Layanan Kekinian.

     Tentang Akulaku

Akulaku resmi diperkenalkan di Indonesia pada bulan Juni 2016. Berdiri di bawah naungan PT. Akulaku Silvrr Indonesia untuk aplikasi market place dan PT. Akulaku Finance Indonesia untuk penyediaan layanan pembiayaan dan perkreditan yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Akulaku dalam memberikan layanan pembiayaan yaitu pinjaman tunai berafiliasi dengan Asetku. Akulaku memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi dengan metode cicilan yang dapat digunakan untuk pembayaran kredit di aplikasi Akulaku atau e-commerce lainnya.

Saat ini, Akulaku telah tersedia di berbagai merchant offline maupun online seperti e-commerce Bukalapak, Shopee, BliBli, JD.ID dan lainnya serta telah bekerjasama dengan sekitar 120.000 UMKM di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, Akulaku akan segera meresmikan produk terbaru yakni SME Loan dan Car Loan dengan tujuan memberikan layanan yang lebih luas dan menciptakan berbagai peluang dan kemudahan bagi masyarakat Indonesia. ***