logo

Keluarga Besar Marga Huang Indonesia Diminta Tetap Berkomitmen Menjaga NKRI Dan Selalu Membantu Masyarakat Lemah

Keluarga Besar Marga Huang Indonesia Diminta Tetap Berkomitmen Menjaga NKRI Dan Selalu Membantu Masyarakat Lemah

Perayaan Ultah ke 20 dan pelantikan pengurus Marga Huang Indonesia 2019-2022, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Keluarga Besar Marga Huang Indonesia
09 Desember 2019 10:32 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id -  

JAKARTA: Anggota Dewan Kehormatan Marga Huang Brigjen Pol Drs Ricky Francois Wakano, mengatakan dirinya merasa bangga berkumpul di tengah tengah warga Tionghoa yang tidak membeda-bedakan suku, agama, golongan, dan Ras, serta mengutamakan kebersamaan.

Warga Tionghoa, lanjutnya, merupakan bagian entitas bangsa Indonesia, yang turut bersumbangsih nyata dalam pembangunan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saudara-saudara kita, Tionghoa, khususnya Marga Huang yang berkumpul pada malam hari ini, berkomitmen membangun dan menjaga NKRI berdasarkan Pancasila,” tutur Ricky F Wakanno, dalam perayaan Ultah ke 20  marga Huang Indonesia sekaligus pelantikan pengurus Forum Komunikasi Keluarga Besar Huang Indonesia di Mangga Dua Squere Jakarta, Minggu malam (8/12/2019).

Kegiatan yang dihadiri ratusan anggota Keluarga Besar Huang Indonesia dari 28 Provinsi ini diisi dengan pagelaran Barongsai dari Khong Ha Hong, menyanyikan lagu lagu mars, lagu nasional dan Tiongkok, serta pelantikan pengurus Marga Huang Indonesia, Huang Jakarta, Pemuda Huang Indonesia, dan Pemuda Huang Jakarta.

Sejumlah tokoh hadir, di antaranya ketua kehormatan abadi Marga Huang Teddy Sugianto, Ketua Umum FK Marga Huang Indonesia Loddy Gunadi, Ketua Huang Jakarta Sopyan Widjaja, Sekjen Willy Yanto Wijaya, dan Ketua Panitia Effendi Hansen.

Lebih lanjut Ricky Wakano mengatakan dirinya sudah lama berada di tengah-tengah masyarakat Tionghoa. Yang membuat dia betah, selama berteman tidak membeda bedan, komunitasnya selalu akrab dan saling membantu.

"Saya sudah lama berteman dengan saudara saudara Tionghoa ini. Sejak pangkat AKBP atau Kapolres Tana Karo, saat saya dinas di Medan, Kepri hingga di Jakarta saat ini. Karenanya saya tidak keberatan ketika didapuk menjadi  anggota Keluarga Besar Marga Huang Indonesia," kata Ricky yang juga Direktur Pembinaan Potensi Masyarakat (Dirbinpotmas) Korps Binmas (Korbinmas) Baharkam Polri ini.

 Atas nama institusi, pihaknya berterimakasih kepada etnis Tionghoa Indonesia yang berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Ia berharap, keluarga besar marga Huang terus mengedepankan komitmennya untuk membantu yang lemah dalam berbagai kegiatan sosial.

Dalam sambutannya, Ketua Kehormatan Abadi Forum Komunikasi Keluarga Besar Huang Indonesia, Teddy Sugianto, yang merupakan sesepuh Masyarakat Tionghoa Indonesia menegaskan, dirinya juga menekankan perlunya sumbangsih lebih nyata lagi dari Marga Huang dan seluruh Komunitas Tionghoa Indonesia bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Regenerasi perlu, dari generasi ke generasi selanjutnya, harus terus dilanjutkan dengan komitmen terhadap Indonesia. Memberikan sumbangsih nyata, meningkatkan sumbangsih kita bagi masyarakat Indonesia,” tutur Teddy Sugianto dalam dialek Mandarin.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Ketua Umum Forum Komunikasi Keluarga Besar Huang Indonesia Loddy Gunadi, Ketua Huang Jakarta Sopyan Wijaya, Sekjen Huang Jakarta Willy Yanto Wijaya. “Sumbangsih kepada Negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia, mesti ditingkatkan lagi,’ ujar Loddy Gunadi