logo

PWI Sorong Raya Bentuk Koperasi Tingkatkan Kesejahteraan Anggota

PWI Sorong Raya Bentuk Koperasi Tingkatkan Kesejahteraan Anggota

Foto:Dokumen PWI Sorong Raya
08 Desember 2019 19:26 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SORONG:Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Sorong Raya, Provinsi Papua Barat   membentuk koperasi serba usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bagi pengurus dan keluarga besar jurnalis (wartawan) di daerah ini.

Ketua PWI  Sorong Raya, Lexi Sitanala, Sabtu (7/12/2019), mengatakan, telah  dibentuk  sebuah badan   serba usaha dengan nama Koperasi PWI Sorong Raya. Koperasi itu terbentuk berkat kesepakatan seluruh pengurus PWI  Setempat .

Koperasi  Sorong Raya  dan sejumlah agenda kerja  ke depan  terbentuk, Sabtu (7/12/2019) pada Konferensi Kerja PWI  setempat.

Ia mengatakan, yang ditampuk sebagai Ketua Koperasi  Sorong Raya adalah Rosmini, Sekretaris Olha dan Bendahara  Namira. Sedangkan  Ketua Badan Pengawas adalah Tupono dan Lexi  Sitanala  sebagai anggota.

Sementara jumlah anggota koperasi itu  80 orang yang berasal dari pengurus PWI dan  anggota  di kawasan Sorong Raya.

Dalam waktu dekat, tambahnya, koperasi akan dibuat akte notaris dan didaftarkan ke Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah  Sorong.

"Saat ini pengurus koperasi sedang mempersiapkan bahan untuk pembuatan akte. Setelah akte terbit, baru kita daftarkan ke pemerintah setempat," kata  Ketua PWI  Lexi Sitanala.

Ketua Dewan Penasehat PWI Sorong, Tupono, dalam  keterangan tertulisnya melalui  WA, mengatakan sejumlah agenda dihasilkan dalam Konferensi  tersebut.

“Alhamdulillah, Konferensi Kerja PWI Sorong Raya  I berlangsung  lancar dan sukses. Serta,  forum juga  menyepakati  sejumlah keputusan yang merupakan  agenda PWI Sorong Raya,”katanya.

Keputusan-keputusan tersebut antara lain, lanjutnya, (1) akan membangun Balai Wartawan. (2) Mencari Sekretariat sementara. (3) Melakukan Pendataan wartawan. (4) Mendirikan Koperasi PWI Sorong Raya. (5)  Bekerja sama dengan Perari. (6)  Akan menggelar UKW. (7) Sosialisasi UU Pers dan KEJ. (8) Adakan Pelatihan Jurnalistik untuk Kehumasan. (9) Akan Menyeleksi Atlet  Porwanas. (10) Memperingati  HPN 2020.

Kepanitiaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, tingkat Sorong Raya, terpilih Ketua Ahmad Murthado, Sekretaris Papua Barat Pos  dan program kerja lainnya. ***