logo

Via Vallen Dan Gigi Hibur Masyarakat Pada Grand Launching TIP 360 Tol Batang-Semarang

Via Vallen Dan Gigi Hibur Masyarakat Pada Grand Launching TIP 360 Tol Batang-Semarang

07 Desember 2019 22:05 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - BATANG: Via Vallen dan grup band Gigi beraksi menghibur masyarakat pada acara Roadster Green Festival “The Grand Launching of Rest Area 360” di Jalan Tol Batang-Semarang, Sabtu (7/12/2019).

Grand launching selain  menampilkan Via Vallen dan Gigi juga diisi penyerahan piagam rekor MURI Rest Area dengan fasilitas terbanyak, kesenian tradisional, photo competition penyerahan simbolis CSR dan beragam kuis dengan hadiah menarik bagi para pengunjung.

Acara yang digelar PT Jasamarga Related Business (JMRB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., bersama PT PP Properti (Persero), PT PP Konstruksi (Persero), dan PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) itu terbuka untuk umum.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Adrian Priohutomo  mengemukakan, Rest Area 360 Semarang Batang hadir dengan memiliki 51 fasilitas layanan sebagai wujud sinergi yang manfaatnya dapat dirasakan oleh pemerintah daerah, pengelola, pengusaha dan tentunya oleh masyarakat. “Jasa Marga juga akan terus mengembangkan konsep rest area Green Tollroad  dengan harapan untuk terus mendukung Green Indonesia,” kata Adrian Priohutomo.

Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau lebih dikenal dengan sebutan  Rest Area 360 merupakan wujud konkret Sinergi BUMN antara PT JMRB, PT PP Properti (Persero), PT PP Konstruksi (Persero), dan PTPN IX. Keempatnya tergabung dalam PT Jasamarga Restarea Batang (JRB) untuk menyelenggarakan dan mengelola TIP 360 secara mandiri dan profesional.

Irwan Artigyo Sumadio Direktur Utama PT Jasamarga Restarea Batang (JRB) sebagai pengelola Rest Area 360 mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan traffic pengunjung di Rest Area Semarang Batang sehingga dapat menumbuhkan pendapatan tenant UMKM di rest  area ini. “Untuk membangun Rest Area 360, diperlukan dana investasi sebesar 70 miliar rupiah dengan pembagian 65 persen dari JMRB, 8 persen PT Perkebunan Nusantara IX, 27 persen dari PT PP Konstruksi (Persero) dan PT PP Properti (Persero),” ujar Irwan menambahkan.

TIP 360 berada di Jalan Tol Batang-Semarang, tepatnya di jalur B (arah Jakarta). TIP 360 memiliki berbagai fasilitas yang terbilang relatif lengkap, seperti tempat ibadah, lahan parkir, toilet umum, toilet disabilitas, dan SPBU. TIP 360 juga dilengkapi dengan area komersial yang berisi beragam outlet_dengan mengedepankan para pelaku UMKM. Hingga kini, tercatat 36 pelaku UMKM di TIP 360.

Selain itu, TIP 360 juga didesain dengan konsep green. Hal ini bisa dilihat dari sebanyak 30 persen dari 7,6 ha luas keseluruhan TIP 360 diperuntukkan untuk area penghijauan. Ke depan, TIP 360 akan dikembangkan tak hanya sebagai tempat beristirahat sejenak bagi pengguna jalan tol, namun juga sebagai destinasi wisata bagi masyarakat sekitar. ***