logo

Kontraktor Tol Desari Wajib Bangun Jembatan Penyeberangan Orang Dan Kendaraan

Kontraktor Tol Desari Wajib Bangun Jembatan Penyeberangan Orang Dan Kendaraan

Anggota DPRD Jawa Barat HM Hasbullah Rahmad
04 Desember 2019 00:41 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Kontraktor jalan tol Depok-Antasari (Desari) berkewajiban membangun jembatan penyeberangan orang dan kendaraan bila proyek infrastruktur ini membelah kawasan permukiman. Warga di pihak lain bisa mengajukan permohonan pembangunan jembatan tersebut kepada kontraktor.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat HM Hasbullah Rahmad S.Pd, M.Hum kepada warga RW 08 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (3/12/2019).

“Setiap pembangunan harus memberi manfaat kepada masyarakat. Warga harus memperoleh ganti untung bila lahannya terkena pembangunan tol. Relasi antarwarga pun harus tetap terjalin bila proyek itu membelah kampung atau permukiman,” tutur politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Untuk mengingatkan kontraktor akan kewajibannya itu, ujar Hasbullah, warga harus melayangkan surat permintaan agar dibangunkan jembatan orang dan kendaraan. “Bila tidak diminta, kontraktor kerap abai terhadap kewajibannya,”ujar Hasbullah.

Pembangunan jembatan tersebut, tuturnya, selain untuk menjaga relasi antarwarga, juga memudahkan para pelajar menuju sekolah. “Jangan sampai, pembangunan tol justru memutus akses jalan warga, seperti untuk pergi ke sekolah, ke masjid atau ke pasar,” katanya.

Warga Kota Depok ke depan, ucapnya, akan banyak dimudahkan  olwh adanya tol Desari dan tol Cijago. Karena, adanya tol tersebut mempercepat perjalanan dari Depok ke wilayah lain di sekotarnya atau ke kota-kota lainnya,

Di dalam kota pun, tuturnya, juga akan dibangun  jalan lintas bawah atau under pass  dan jembatan layang untuk menghapus perlintasan sebidang jalan raya dan rel kereta. Sebab, frekuensi perjalanan kereta rel listrik yang menghubungkan Depok ke Jakarta dan Bogor akan ditingkatkan.

Pemerintah Provinsi pun, ucap Hasbullah, akan membenahi jalan provinsi dari kawasan Depok tengah ke Cibinong, Kabupaten Bogor.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH