logo

Imigrasi Manokwari Tangani Empat WNA Tiongkok

Imigrasi Manokwari Tangani Empat WNA Tiongkok

FOTO:Antara
02 Desember 2019 20:36 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - MANOKWARI:Imigrasi Manokwari  menangani empat warga negara asing  asal Tiongkok karena  mendulang emas tanpa izin di wilayah Tambrauw, Papua Barat, Indonesia.

Empat warga negara asing (WNA) Tiongkok  itu, ditangkap di Kali  Kasih, Distrik Kebar, Kabupaten Tambrauw,Papua Barat oleh Tim Kodam Kasuari, dua pekan lalu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari, Bugie Kurniawan, mengatakan, keempat orang asing  itu  ditangkap oleh anggota Kodam Kasuari, yang sedang melakukan operasi pengamanan dengan penyisiran pada sejumlah lokasi, yang dianggap rawan akan gangguan keamanan jelang 1 Desember.

Tim dari Kodam Kasuari yang dipimpin Letda Yabes Yehuda Rumayomi, awalnya menyisiri pedalaman Distrik Kebar.

Tim menemukan sisa makanan yang berada di pinggir hutan. Tim, kemudian melaksanakan pengembangan dari beberapa petunjuk  yang ada. Akhirnya, tim  menggelar pengintaian hingga masuk dalam hutan kurang lebih 8 kilometer.

“Tim dari Kodam Kasuari mengira, kelompok ini adalah OPM yang sedang membuat kegiatan. Setelah setelah ditelisuri,  ternyata WNA asal Tiongkok yang sedang melakukan pendulangan  emas ilegal,” kata Bugie  dalam keterangan Persnya  di  Manokwari, Senin (2/12/2019, seperti dilansir dari siaran persnya).

Warga asing tersebut adalah Li Zhi Hki (44), Zhang Cia Yan (44), Lin Zhen Mou (44) dan Su She Ik (46) pada Sabtu (30/11) dengan barang bukti 4 buah KTP asal Tiongkok, 1 KTP WNI, 8 buah HP, 5 buah HT beserta cargernya, 1 buah HT satelit beserta cargernya, 1 buah timbangan emas. Salah satu di antara mereka  adalah DPO Polda Papua.

Kemudian ditemukan 18 uang ringgit, 34 uang dolar Amerika, 32 uang dolar Hongkong dan 34 dolar Singapura, dengan total jika di rupiahkan senilai Rp 10 juta lebih. ***

Editor : Azhari Nasution