logo

Aimas,Surat Keterangan Pengganti Identitas

Aimas,Surat Keterangan Pengganti Identitas

Kepala Dukcapil Kabupaten Sorong, Drs Olden Macpal M.Si/Foto skid (Yacob Nauly)
02 Desember 2019 18:57 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS: Warga  yang telah mengurus perekaman e-KTP, namun kehabisan blangko, harus  meminta surat keterangan pengganti identitas ke petugas pelayanan KTP.

Bagi yang sudah merekam, bisa langsung dapat (KTP), bisa juga belum. Namun yang belum dapat KTP, dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 sudah diatur.

“Pemerintah daerah (Pemda) boleh menerbitkan yang namanya surat keterangan pengganti identitas. Itu berlaku sampai jadinya KTP El mereka,” ujar  Kepala Dukcapil Kabupaten Sorong, Drs Olden  Macpal M.Si.

 Dijelaskan, dalam surat  keterangan  pengganti identitas tersebut tercantum data identitas seperti KTP, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) tunggal warga yang merekam data. “Jadi  warga  bisa mengurus keperluannya dengan surat itu,”katanya.

 Diakui  Macpal, tanpa memiliki e-KTP, masyarakat memang akan kesulitan dalam mengurus berbagai keperluan administrasi seperti SIM, STNK, Kartu Kesehatan maupun perbankan.

 “Satu hal yang perlu dicacat, bahwa pengurusan surat keterangan  tersebut tak dipungut biaya apa pun. Jadi, kalau ada yang mengatakan, harus bayar, itu tidak benar karena tidak ada yang perlu dibayarkan,”kata Macpal . ***

Editor : Azhari Nasution