logo

Semua Komponen Agar Berperan Aktif Wujudkan Kesetaraan Penyandang Disabilitas

Semua Komponen Agar Berperan Aktif Wujudkan Kesetaraan Penyandang Disabilitas

Mensos Juliari P Batubara (tengah, mendorong kursi roda).(foto,ist)
02 Desember 2019 18:46 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara serukan, agar seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif, mewujudkan kesetaraan bagi para penyandang disabilitas.

Seruan tersebut, disampaikannya usai melepas sedikitnya 1000 penyandang disabilitas peserta jalan sehat, dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019' di area Car Free Day (CFD) Gelora Bung Karno. di Jakarta, Minggu (1/12/2019).

"Melalui gerak jalan ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk terus bergerak mewujudkan hak-hak penyandang disabilitas dan meniadakan diskriminasi," tutur dia, dalam siaran persnya.

Pernyataan Mensos disampaikan di tengah masih banyaknya kasus yang menunjukkan sikap diskriminarif dan kurangnya diperhatikan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Menurut Mensos, setidaknya ada lebih dari 2 persen penyandang disabilitas dari berbagai ragam membaktikan tenaga dan pikirannya di lingkungan kantor Kementerian Sosial.

"Bahkan ada pejabat Eselon II kami, yang merupakan penyandang disabilitas. Ini membuktikan bahwa penyandang disabilitas juga memiliki kinerja yang luar biasa dan tidak boleh dipandang sebelah mata," ungkapnya.

Lebih jauh, Mensos menyatakan, di antara tantangan yang dihadapi saat ini dalam pemberdayaan disabilitas adalah fasilitas umum yang masih kurang memadai. "Harapan saya, di setiap fasilitas publik maupun kantor-kantor agar menyediakan sarana bagi para penyandang disabilitas untuk setidaknya bisa bergerak dengan bebas dan nyaman," kata Mensos.

Editor : Azhari Nasution