logo

KPU Solo Mulai Kosongkan Kotak Suara Pemilu 2019

KPU Solo Mulai Kosongkan Kotak Suara Pemilu 2019

KPU Kota Solo mulai mengosongkan kotak suara Pemilu 2019
02 Desember 2019 14:02 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Ribuan kotak suara bekas Pemilu 2019 di KPU Kota Solo mulai dikosongkan, Senin (2/12/2019). Sebanyak 8.670 kotak suara yang berisi surat suara hasil Pemilu Presiden/Wakil Presiden, DPRD kota, DPRD propinsi serta DPD, mulai Senin hingga maksimal dua pekan mendatang akan dikosongkan.

Surat suara sebagai salah satu arsip akan diarsipkan sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) 35 tahun 2018 tentang pengelolaan perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan lainnya.

Menurut Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, berdasarkan aturan, surat suara bisa diarsipkan setelah 1 bulan pengambilan sumpah jabatan.

"Kotak suara yang dikosongkan sebanyak 1.735 kotak kali lima jadi totalnya 8.670 kotak. Ada 10 tenaga kita kerahkan," katanya.

Sedangkan logistik Pemilu seperti kotak suara akan dilelang. Logistik merupakan barang sekali pakai dan bisa dimusnahkan. Tapi jika barang logistik milik negara tersebut ketika bernilai ekonomi harus dilelang dan hasil lelang akan masuk ke kas negara.

"Pengosongan kotak suara disaksikan Bawaslu Kota Solo dan dari kepolisian dari Polresta Solo," katanya lagi.

Terkait kotak suara, pihaknya juga akan berkonsultasi kepada KPU RI apakah bisa dipinjamkan ke daerah yang membutuhkan. Sebab dalam peraturan, kotak suara Pemilu boleh dihibahkan untuk pemilihan kepala desa.

"Sedangkan di Kota Solo kan tidak ada pemilihan kepala desa. Makanya kami konsultasi apakah boleh dipinjam oleh daerah yang membutuhkan," jelasnya.

Untuk kepentingan Pilkada, KPU tidak bisa menggunakan kotak suara bekas Pemilu 2019. Karena akan ada pengadaan baru.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto