logo

Alumni Berperan Strategis Majukan Kampus Universitas Pancasila

Alumni Berperan Strategis Majukan Kampus Universitas Pancasila

01 Desember 2019 23:55 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Untuk kali kedua kalinya Universitas Pancasila (UP) yang berlokasi di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, mendapatkan gelontoran dana lumayan besar untuk renovasi ruang kuliah dari perusahaan asuransi plat merah, BNI Life.

Pihak BNI Life berharap keberadaan ruang kuliah baru dapat menggenjot kualitas mahasiswa UP secara umum, mahasiswa ekonomi dan bisnis khususnya.

Apa yang kemudian mendasari kampus yang didirikan Yayasan Supersemar itu begitu mudah menerima dana hibah. Usut punya usut, ternyata ada kekuatan ikatan alumni dalam paket bantuan tersebut.

Saat ini lulusan UP mencapai 40 ribu lebih, 67 persennya lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

"Sekarang ini alumni UP berada pada puncak karir keemasan. Mereka mengisi jabatan-jabatan penting dan strategis diinstitusinya masing-masing, baik pegawai swasta ataupun negeri," ujar Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Dr Sri Widyastuti.

Bantuan renovasi kali ini, kata Sri, juga tak lepas dari kekuatan alumni. Secara kebetulan, Direktur Utama (Dirut) BNI Life, Shadiq Akasya adalah lulusan Fakultas Ekonomi UP.

"Buat kami alumni memiliki peranan penting mempertahankan akreditasi maupun meningkatkan akreditasi. Mereka membantu secara akademik maupun non akademik. Misal, sharing pengalaman, mengajar, dosen tamu dan lainnya. Sedangkan nonakademik bermusik dan lainya,"katanya.

Menurut Sri, selama yang dilakukan alumni sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi maka wajib diberi ruang.

"Semuanya berkaitan erat dengan nilai akreditasi," katanya.

Bantuan yang diterima FEB, kata Sri, tidak terlepas dari persiapan menghadapi era 4.0. Selain menyiapkan sejumlah kurikulum, tentu harus juga dipersiapkan sarana penunjang.

"Bantuan BNI Life adalah salah satu penjang, kita juga sudah memiliki matakuliah e marketing, e money dan lainnya. Bahkan kita punya ruang incubator bisnis. Mahasiswa dari jurusan berbeda dipertemukan untuk menghasilkan produk," terangnya.

Di tempat sama, Dirut BNI Life Shadiq Akasya dengan sangat bangga mengaku sebagai alumni FEB UP. Bantuan yang diberikan pun tak lepas dari ikatan almamater tersebut.

"Saya alumni FEB UP. Saya berharap bantuan yang diberikan BNI Life dapat membantu menciptakan sumber daya unggul," ucapnya.

Menurut Shadiq, bantuan yang diberikan BNI Life adalah renovasi ruang kuliah beserta isinya. Dan, ini merupakan kali kedua.

"Semua kita renovasi termasuk fasilitas AC dan LCD untuk paparan dosen dan mahasiswa. Tentu, dengan ruang kuliah nyaman harapannya mahasiswa tambah rajin," harapnya.

Dia berkata, guna menunjang era 4.0, BNI Life juga kerap membantu kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM diantaranya literasi, seminar dan diskusi.

Anggota Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang juga alumni FEB UP, Dr. Achsanul Qosasi berharap kampusnya semakin baik.

"Menelurkan generasi handal yang siap membantu pemerintah, baik dari sektor swasta maupun masuk menjadi bagian pemerintahan," jelas mantan Legislator Senayan beberapa periode ini***