logo

SEA Games 2019: Kebhinekaan Kontingen Indonesia Dapat Sambutan Meriah

SEA Games 2019: Kebhinekaan Kontingen Indonesia Dapat Sambutan Meriah

Kontingen Indonesia selain mengenakan seragam resmi juga tampil dengan pakaian adat khas Nusantara
01 Desember 2019 00:43 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MANILA: Kontingen Indonesia tampil penuh warna pada acara defile upacara pembukaan SEA Games XXX/2019 di Manila, Filipina, Sabtu (30/11/2019) malam. Tidak menoton dengan seragam namun beragam dengan menampilkan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Kebhinekaan dalam ikatan kesatuan Merah Putih ini ternyata mendapat sambutan dari para penonton yang hadir.

 "Indonesia! Indonesia!". Beberapa kali  teriakan para penonton menggema di di Philippine Arena yang berkapasitas 55.000 penonton, saat Kontingen Indonesia tampil dalam defile.

Dipimpin oleh atlet polo air putra Ridjkie Mulia yang pada Jumat (29/11) membantu timnya merebut medali emas cabang olahraga polo air SEA Games untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Kontingen Indonesia tampil beda. Beberapa dari anggota rombongan menggunakan pakaian adat khas Nusantara. Penampilan ini langsung menarik perhatian penonton karena negara lain yang hanya menggunakan seragam resmi.

Tidak ketinggalan para anggota Kontingen Indonesia juga melambai-lambaikan tangan kepada penonton sembari mengibarkan bendera Merah Putih dan pernak-pernik khas Indonesia. Tidak pelak lagi sambutan penonton tambah antusias.

 Ada 841 atlet Indonesia yang bertanding di SEA Games 2019. Mereka didukung oleh ratusan personel lain seperti pelatih, ofisial, tim medis dan lainnya yang membuat total jumlah anggota kontingen Indonesia adalah 1.303 orang. Di Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-30 tersebut, atlet-atlet Indonesia akan mengikuti kompetisi 56 cabang olahraga.

Presiden Joko Widodo meminta kontingen Indonesia untuk menduduki peringkat kedua klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2019. Posisi yang jauh meningkat dibandingkan pencapaian dua tahun lalu di Malaysia. Pada SEA Games XXIX/2017, Indonesia hanya menempati posisi ke lima. ***