logo

Indonesia - Austria Tingkatkan Pengembangan BLK Maritim

Indonesia - Austria Tingkatkan Pengembangan BLK Maritim

Dirjen Binalattas Kemenaker Drs Bambang Satrio Lelono (kiri) dan Duta Besar Republik Austria Madame Helena (kanan), usai menyaksikan penandatanganan Kontrak antara BBPLK Serang dan MUT GMBH. (foto,ist)
21 November 2019 23:43 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kerja sama dengan Austria secara umum ditujukan untuk membangun hasil kelulusan Balai Latihan Kerja (BLK) dengan kompetensi tinggi. Agar lebih terbuka penyerapannya di pasar kerja.

Hal tersebut dikemukakan Direktur jenderal Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Drs Bambang Satrio Lelono, usai menyaksikan Penandatanganan Kontrak antara BBPLK Serang dan MUT GMBH, untuk Kegiatan Pengembangan BLK Maritim BBPLK Serang, di Jakarta, Kamis (21/11/2019) malam.

Lebih lanjut dikemukakannya, selain di Serang, kerja sama ini membantu pengembangan BLK di Medan dan Makasar. "Juga direncanakan untuk BLK di Batam dan Banyuwangi," ujarnya.

Seperti diketahui, BLK Serang dibangun tahun 1996 dengan standar Eropa. "Baik gedungnya, peralatannya, program-program, serta pelatihan maupun kualitasnya," kata dia.

Terkait dengan kerja sama pengembangan BLK Maritim (Development of Maritime Vocational Training Centers), sebagaimana tercantum dalam Daftar Rencana Pinjaman Luar Negeri Jangka Menengah (DRPLN-JM) Bappenas T.A. 2015-2019. Tujuannya, jelas dia, untuk mendukung program prioritas Presiden Joko Widodo. Yakni, pengembanngan sektor maritim Indonesia

"Melalui program ini dikembangkan program-program pelatihan teknis pendukung sektor industri kemaritiman dan pariwisata bahari di beberapa BLK. Untuk melatih dan mencetak tenaga kerja yang akan bekerja di pelabuhan, galangan kapal maupun perhotelan," terang Dirjen Binalattas.

Untuk kegiatan pengembangan BLK Maritim ini, Pemerintah Austria yang diwakili Duta Besar Republik Austria untuk Indonesia Madame Helena, membiayai kegiatan pengembangan melalui skema soft loan dengan Bunga nol persen, di tiga BLK yakni BBPLK Medan, BBPLK Serang, serta BLK Makassar.

Implementasi dari kegiatan ini sudah mulai berjalan. Awalnya Juni 2019, saat BBPLK Medan menandatangani kontrak dengan pemenang lelang yaitu BIT Media. "Hari ini kita menyaksikan bersama penandatanganan Kontrak antara BBPLK Serang dan MUT GmBH," kata Dirjen Binalattas.

Pengembangan BLK Maritim, lanjutnya, tidak hanya mengulang success story tapi juga mampu menjadikan BBPLK Serang menjadi center of excellence. Untuk pengembangan dua kejuruan, yaitu Welding dan Electrical Installation.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan pengembangan BLK Maritim melalui PHLN Austria menjadi salah satu bentuk konkret, upaya Pemerintah dalam meningkatkan kualitas output atau lulusan BLK yang sesuai dengan kebutuhan industri.

"Sebagaimana yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada periode kedua kepemimpinannya. Yakni peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) melalui vokasi," tuturnya.

Editor : Azhari Nasution