logo

Pilkada 2020, KPU Jateng Gunakan E-Rekap

 Pilkada 2020, KPU Jateng Gunakan E-Rekap

19 November 2019 16:30 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan siap menggunakan rekapitulasi penghitungan suara secara elektronik (e-rekap) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

Saat ini, KPU RI tengah melakukan penggodogan bersama LIPI baik perangkat, sistem maupun SDM yang bakal berkiprah di dalamnya.

Menurut Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajad, penggunaan e-rekap dalam penghitungan suara nanti diharapkan bisa lebih transparan, memperbaiki validasi data dan lebih akuntabel.

Penerapan e-rekap tersebut, berkaca pada pengalaman Pilpres 2019. Dalam Pemilu sebelumnya, ada lima jenis pemilihan yang digelar sekaligus. Hal itu dinilai sangat berdampak pada psikologis petugas yang melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

"Petugas lapangan terlalu lelah pada Pemilu 2019, sehingga banyak kemungkinan terjadi human error," katanya selepas memberi materi Workshop Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang, di Kota Magelang, Senin (18/11/2019).

Drajat menjelaskan, penerapan e-rekap dalam Pilkada serentak 2020 sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil Pemilu yang valid dan legitimate. Namun tentu, akan tetap didukung dengan data manual sebagai back up data.

"Rekapitulasi online atau e-rekap akan lebih memudahkan petugas, namun tetap harus ada backup data," tuturnya.

Terkait penggunaan e-rekap pada Pilkada 2010, sekretaris DPD Partai Golkar Kota Magelang, Kurnia Saptawulan Perwitasari, menyebut pada dasarnya pihaknya mengikuti apa yang menjadi aturan main KPU.

Sedang Politikus Partai Gerindra Erlin Sepoya, dan Ika Ismayasari dari PKB, berharap e-rekap tetap harus didukung dengan data manual.***

Editor : Silli Melanovi