logo

Tempati Gedung Anyar, SMI Siap Jadi Motor Semarang Kota Kreatif

Tempati Gedung Anyar, SMI Siap Jadi Motor Semarang Kota Kreatif

17 November 2019 23:58 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - SEMARANG: Sekolah Musik Indonesia (SMI) resmi membuka gedung baru di jalan Puri Anjasmoro Raya Blok E1 nomor 21 Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Semarang, Minggu (17/11/2019).

Acara peresmian SMI Building ini dibuka dengan penampilan-penampilan dari SMI Artist Management dan menghadirkan pembicara Tanadi Santosa MBA, Business Wisdom Instituten serta mengundang Walikota Semarang, Hendrar Prihadi untuk turut meresmikan.

Direktur SMI Freddy Aryanto menuturkan, peresmian SMI Building ini diharapkan turut mendukung industri kreatif yang berkembang di Kota Semarang.

Menurutnya, SMI Building yang berdiri di Kota Semarang ini tidak lepas dari peran serta pemerintah setempat sehingga perlu adanya kolaborasi dengan pihak terkait.

"Kami ingin SMI bukan hanya untuk SMI sendiri tetapi juga turut berkolaborasi dengan pemerintah untuk menggerakkan Kota Semarang menjadi kota kreatif," ujarnya di sela-sela acara peresmian.

Lantas ia pun berharap dengan adanya gedung baru SMI ini dapat mendorong masyarakat untuk dapat menghadapi tantangan dengan keterampilan-keterampilan yang didapatkan saat belajar di SMI.

"Kami ingin memperkenalkan kepada generasi sekarang yang memiliki life skill sehingga saat mereka menghadapi tantangan terutama dalam menghadapi bonus demografi tahun 2030, mereka sudah memiliki lapangan pekerjaan," jelasnya.

Perlu diketahui, selain peresmian SMI Building, dalam acara bertajuk SMI Creative Fest 1.0 ini berlangsung sejak Kamis (14/11/2019) hingga Rabu (20/11/2019) mendatang.

Acara diisi berbagai kegiatan di antaranya bazaar brand-brand lokal Kota Semarang, workshop dan parenting, serta beraneka lomba mulai vlog, fotografi, band, dance, hingga drum. Setiap harinya, acara ini menghadirkan sederet bintang tamu terkemuka. Selain Eka Gustiwana, acara ini akan menghadirkan Bintang Tamu lainnya meliputi Tanadi Santoso, Edwin Putro, Endah Rhesa, Echa Soemantri, dan Amelia Hirawan.

Kresna Raditya, Project Manager SMI Creative Fest menuturkan, Creative Fest 1.0 diselenggarakan untuk mewadahi anak-anak kreatif di Kota Semarang dalam menyalurkan kreativitasnya.

Hal tersebut pula, kata dia, SMI turut mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Semarang agar mampu bersaing dengan daerah-daerah lain.

Menurutnya, SMI dalam hal ini juga turut mendukung industri kreatif yang berkembang di Kota Semarang.

"Kami ingin menghasilkan generasi baru Indonesia yang kreatif dan inovatif. Kami ingin mengaktifkan gerakan kreativitas di Kota Semarang dengan menghadirkan SMI Creative Fest 1.0 di SMI Building Semarang," papar dia.

Ia menyebutkan, acara ini sekaligus pengenalan kepada warga Kota Semarang terkait gedung baru SMI yang nantinya juga akan digunakan untuk mewadahi para komunitas maupun perorangan dalam menyelenggarakan kegiatan lainnya. "Gedung baru SMI ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan SDM yang unggul. Apabila komunitas kekurangan tempat untuk mengadakan acara, bisa di SMI Building. Jadi yang biasanya sulit, di SMI dipermudah. Kami membantu itu, bukan hanya untuk acara SMI," ujarnya***

Editor : Gungde Ariwangsa SH