logo

Kompetisi Kewirausahaan DSC|X Memasuki Final Day

Kompetisi Kewirausahaan DSC|X Memasuki Final Day

12 peserta DSC|X berkompetisi dalam final day yang berlangsung Sabtu-Minggu (16-17/11/2019)
16 November 2019 14:31 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Ajang kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 (DSC|X) telah memasuki tahapan final. Setelah melalui uji di babak national selection di Surabaya pada 8 Oktober lalu dan Jakarta pada 13 Oktober lalu, maka terpilih 12 peserta yang berhak mengikuti final day yang digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (16-17/11/2019).

Menurut inisiator DSC|X sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak, Edric Chandra, kepada wartawan di De Tjolomadoe, Sabtu (16/11/2019) kompetisi ini merupakan bentuk komitman Wismilak Foundation untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan di Indonesia.

"Tujuan dari kompetisi ini adalah ingin menebarkan virus kewirausahaan yang bertujuan semakin banyak sektor UKM di Indonesia. Apalagi sektor UKM penyumbang besar untuk produk domestik bruto (PDB) dan menyerap banyak tenaga kerja," jelasnya.

Edric juga mengatakan dalam kompetisi tersebut Wismilak Foundation tidak hanya akan memberikan hibah modal usaha dengan total Rp2 miliar kepada pemenang tetapi juga mendampingi dan menghubungkan akses ke pihak terkait untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Dari 100 proposal yang masuk pada babak sebelumnya terpilih 12 peserta yang berhak masuk final. Mereka adalah Banopolis, Sunkrisps, Sweet Sundae Ice Cream, Lingkaran, kylafood.com, Hear Me, Cryptoscope, Astrobike, Apel Celup, Beehive Agriculture, Brownies Chip, serta OKE Garden.

Tiga dewan juri yakni Surjanto Yasaputera selaku Dewan Komisioner DSC dari Wismilak Group, Helmy Yahya yang juga Direktur TVRI dan Antarina SF Amir, Direktur Highscope Indonesia serta akademisi, akan menentukan siapa pemenang dari ajang DSC|X tersebut.

"Kompetisi ini agak berbeda suasananya, dan sudah melebihi ekspetakasi karena jumlah proposal yang masuk mencapai 12.500. Secara kualitatif juga mengalami kemajuan," ujar Surjanto pada kesempatan yang sama.

Dirinya juga menyebut jika DSC merupakan kompetisi entrepeneur terbesar di Indonesia. Helmy Yahya menambahkan kompetisi tersebut menurutnya sangat dinamis dan sebuah kompetisi yang paling konsisten.

"Karena sudah berjalan selama 10 tahun. Banyak anak muda yang ingin menjadi pengusaha tapi menjadi pengusaha tidak mudah. Banyak gagalnya juga, kami selaku dewan juga akan menentukan pemenang yang berhak untuk dibimbing menjadi pengusaha," paparnya.

Dari 12.500 proposal yang diterima Dewan Komite DSC|X didominasi kaum milenial. Sebanyak 80 persen berasal dari rentang usia 20-35 tahun. Final day akan digelar selama dua hari.

Pada hari pertama acara dibuka oleh Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk Ronald Walla yang juga Dewan Pimpinan Harian Ketua Bidang UMKM-IKM DPN APINDO. Selain itu juga menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya Ronald Walla, Ahmed Tessario (Coworking Indonesia), Maxim Mulyadi (Indonesia Marketing Association), dan Arief Budiman (Entrepreneur Organization-GSEA). ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto