logo

BLKK Al Wasilah, Meningkatkan Kemampuan Komputerisasi Guru Dan Mahasiswa

BLKK Al Wasilah,  Meningkatkan Kemampuan Komputerisasi Guru Dan Mahasiswa

Kepala BLKK Al Wasilah, Urwah (tengah belakang). (foto, ist)
10 November 2019 22:24 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - BANDUNG: Berdiri setahun yang lalu, yakni tahun 2018, Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Al Wasilah Garut, Jawa Barat telah nenghasulkan 6 angkatan peserta pelatihan. "Saat ini yang tengah berjalan nerupakan angkatan ke tujuh," ujar Kepala BLKK Al Wasilah, Urwah, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019).

BLKK yang beralamat di Cipanas Baru, Tarogong Kaler, Garut ini dipercaya untuk kembali menyelenggarakan pelatihan untuk paket ke 7 dan 8. Urwah menjelaskan, para peserta pelatihan diberi materi yang mencakup tiga aspek, yakni kompeten di bidangnya, bidang keterampilan (skill), serta etika.

Para peserta ialah mereka dari masyarakat sekitar, yang menganggur dan tidak mempunyai keahlian. "Materi yang diajarkan yakni Teknik Ilmu Komputer (TIK(. Namun, dalam perkembangannya, tidak sedikit mereka yang sudah bekerja mengikuti pelatihan.

Seperti bekerja sebagai tenaga administrasi di hotel sekitar BLKK, bahkan juga guru " Saat liburan mereka manfaatkan untuk mengikuti pelatihan TIK. Agar tidak gaptek (gagap teknologi)," kata Urwah.

BLKK Al Wasilah belum bisa dimanfaatkan para santri Pondok Pesantren (Ponpes), karena usia para santri kebanyakan masih anak-anak. Itulah sebabnya, keberadaan BLKK masih dimanfaatkan masyarakat sekitar, untuk menambah ilmu di bidang komputerisasi.

"Bahkan, tidak sedikit dimanfaatkan beberapa mahasiswa yang kebetulan libur," ujarnya. Untuk mendapatkan peserta pelatihan, Urwah menceritakan, pihak BLKK tidak hanya menunggu, melainkan juga jemput bola.

"Kami datangi sekolah-sekolah dan menyerahkan brosur atau melalui media sosial," ungkapnya.

Secara informal, pihak BLKK Al Wasilah juga bekerja sama dengan dunia usaha, yakni sebuah produsen sepatu di Garut. Ada sejumlah lulusan BLKK yang diterima sebaga tenaga administrasi di perusahaan tersebut.

Editor : B Sadono Priyo