logo

PNJ Gelar Kompetisi Jembatan Indonesia Dan Bangunan Gedung Indonesia

PNJ Gelar Kompetisi Jembatan Indonesia Dan Bangunan Gedung Indonesia

Dirjen Pendidikan Tinggi Prof Dr Ismunandar menyerahkan piala bergilir kepoada Direktur PNJ Abdillah SE, M.Si
08 November 2019 23:55 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Sebanyak 34 tim dari fakultas tehnik sipil berbagai perguruan tinggi di Tanah Air mengikuti Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) XV dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) XI di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Dua kompetisi tersebut, yang dibuka Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ismunandar, berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 8 hingga 10 November 2019 di pelataran kampus PNJ.

Dalam sambutannya, Ismunandar mengatakan, para peserta agar saling berkenalan satu sama lain agar dikemudian hari terbentuk jaringan kuat sebagai tenaga ahli jembatan dan bangunan.

“Semua tim merupakan generasi terbaik. Maka di kegiatan ini juga bisa untuk menghimpun modal sosial yang kelak bermanfaat setelah menamatkan kuliah,” tuturnya.

Sementara itu Direktur PNJ Abdillah SE, M.Si mengatakan, PNJ sangat mendukung dua kompetisi ini karena yang menggagas adalah PNJ.

“Kegiatan ini pada awalnya merupakan gagasan dari dosen konstruksi jembatan PNJ,” ucapnya.

Sebanyak 24 tim yang menjadi pesertanya, dalam kompetisi tahun 2019, mewakili delapan jembatan rangka baja jalan raya berskala, delapam jembatan model pelengkung, dan delapan jembatan model cable stay.

Sementara 10 tim peserta KBGI mewakili 10 perguruan tinggi dengan keunggulan bangunan masing-masing.

Dalam KGBI, komponen-komponen structural bangunan hunian rumah dua lantai yang akan dikompetisikan ditetapkan menggunakan material baja canai dingin. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat pada umumnya dan mahasiswa khususnya mulai mengenal dan memanfaatkan baja canai dingin dalam aspek desain maupun pengkonstruksian, termasuk aspek pemeliharaannya.***

Editor : Azhari Nasution