logo

Tim Barongsai Kong Ha Hong DKI Juara Dunia Di China

Tim Barongsai Kong Ha Hong DKI Juara Dunia Di China

Foto: Dok PBSI
07 November 2019 13:35 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Tim Barongsai DKI Jakarta yang mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Barongsai yang berlangsung di Guang Xi, Teng Xian, China 4 – 6 November 2019 berhasil merebut gelar juara pertama. Kemenangan ini merupakan gelar juara dunia kali kelima bagi tim Barongsai Kong Ha Hong.

Pada lomba hari terakhir Rabu (6/11/2019), tim Barongsai Kong Ha Hong yang dimotori pemain belakang Oktavianus atau yang biasa dipanggil Okta tampil cukup memukau. Walaupun Okta masih berusia muda, tetapi sudah memiliki pengalaman yang cukup panjang di dunia Barongsai.

Okta sendiri sebelumnya tiga kali nyaris tampil sebagai juara di ajang kompetisi barongsai selama 2017, namun gagal. Ia pernah tampil di 6th World Dragon and Lion Dance Championship 2017Jiangdu International Dragon and Lion Invitational Competition 2017 dan 13th Huang Fei Hung Cup 2017.

Akhirnya tahun ini Okta bisa meraih gelar juara dunia yang sangat didambakan oleh setiap atlet di kejuaraan yang berlangsung di Guang Xi, Teng Xian, China 04 - 06 November 2019.

Meskipun berganti pasangan dan kali ini harus berdampingan dengan pemain kepala baru Ricky Syahputra, tidak membuat pasangan ini gentar menghadapi atlet-atlet barongsai dunia lainnya. Penampilan yang kembali mulus dan dipenuhi dengan tingkat kesulitan dan barongsai yang sangat ekspresif menjadikan Barongsai Kong Ha Hong meraih nilai tertinggi dan kembali menjadi juara dunia untuk kali kelima.

Keberhasilan menjadi juara dunia kali ini juga sangat berarti bagi perkembangan Barongsai di Indonesia secara umum dan di Kong Ha Hong Lion Dance Troupe khususnya, karena  asangan Oktavianus - Ricky Syahputra ini adalah pasangan ke-3 yang berhasil meraih gelar juara dunia setelah Anton Chandra - Andri Wijaya dan Irvan - Nelsen Setiawan, hal ini membuktikan kalau momok yang paling menakutkan bagi setiap sasana / klub Barongsai yaitu Regenerasi dapat berjalan dengan mulus di Kong Ha Hong Lion Dance Troupe.


Berikut adalah hasil lengkap pertandingan kategori tonggak :


1. INDONESIA, KONG HA HONG

2. China, Teng Xien

3. Taiwan

4. Myanmar

5. China, Guang Xi

6. China, Foshan

7. Amerika Serikat

8. Vietnam

9. Thailand

10. Hong Kong