logo

Pensiunan Harus Kuatkan Tali Silaturahmi Dan Terjun Ke Desa

Pensiunan Harus Kuatkan Tali Silaturahmi Dan Terjun Ke Desa

Ketua umum PB Persatuan Wredatama Republik Indobesia (PWRI) Prof Dr Haryono Suyono. (foto, ist)
06 November 2019 17:34 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Para pensiunan harus sering menguatkan silaturahmi dan bersama masyarakat kota lainnya untuk terjun ke desa, dengan menghutankan desa dan melestarikan hutan di desa.

Demukian dikemukakan Ketua umum PB Persatuan Wredatama Republik Indobesia (PWRI) Prof Dr Haryono Suyono, dalam sambutannya pada acara Munas Perhimpunan Pensiunan Kehutanan di Gedung Manggala Wanabhakti, di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Dia mengatakan, kegiatan yang dilakukan harus bervariasi, setiap unit dapat mendirikan kegiatan macam sanggar kegiatan lanjut usia (lansia), seperti silver collage atau melakukan kegiatan kebun bergizi, sekaligus menguatkan silahtutrahmi antara lansia.

Pakar pemberdayaan keluarga tersebut juga menyarankan, agar kegiatan lebih condong ke desa. Adanya dana desa, ujarnya, memberi peluang bagi PWRI di daerah turut bergabung dalam rembug desa untuk berpartisipasi aktif. "Membantu memikirkan kegunaan dana desa di daerah," ujarnya.

Pemberdayaan pensiunan dalam membangun di desa, imbuh dia, bukan hanya membangun hutan di kota. Namun, juga hutan di desa dan memelihara kelestariannya. Karenanya, para pensiunan harus tetap terus aktif.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto